Cara Sembunyikan Aplikasi Di Iphone

Seiring dengan perkembangan teknologi, smartphone merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang ada beberapa aplikasi di iPhone yang ingin kita sembunyikan dari tampilan utama. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda.

1. Gunakan Fitur Folder

Fitur folder pada iPhone memungkinkan Anda untuk mengelompokkan beberapa aplikasi menjadi satu. Dengan cara ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi di dalam folder tersebut. Caranya cukup mudah, cukup tahan salah satu ikon aplikasi hingga ikon-ikon aplikasi mulai bergetar, kemudian seret satu aplikasi ke aplikasi lain untuk membuat folder. Setelah itu, Anda bisa menamai folder tersebut dan menarik aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam folder tersebut.

2. Gunakan Fitur Screen Time

Fitur Screen Time pada iPhone memungkinkan Anda untuk mengatur batasan penggunaan aplikasi, termasuk menyembunyikan aplikasi tertentu. Caranya, buka Pengaturan > Screen Time > Konten & Privasi Pembatasan > Konten Diizinkan. Di sana, Anda dapat menentukan aplikasi mana saja yang boleh digunakan. Anda juga dapat menonaktifkan akses aplikasi tertentu di layar beranda dengan memilih “Aplikasi yang diizinkan” dan mengeklik “Tambah Aplikasi” untuk menambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan.

3. Gunakan Fitur Siri Shortcuts

Fitur Siri Shortcuts dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Caranya, buka Pengaturan > Siri & Pencarian > Cari & Kelola Shortcuts. Kemudian, klik “+” untuk menambahkan shortcut baru. Pilih “Aplikasi” sebagai opsi, kemudian tentukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, atur kata kunci atau frase tertentu yang akan memunculkan aplikasi tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi di dalam shortcut khusus yang hanya muncul ketika Anda memanggilnya dengan frase yang Anda tentukan.

4. Gunakan Fitur Restrictions (Pembatasan)

Fitur Restrictions pada iPhone memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke fitur-fitur tertentu, termasuk aplikasi. Caranya, buka Pengaturan > Umum > Restriksi. Anda akan diminta untuk mengatur sandi pembatasan yang nantinya digunakan untuk mengakses dan mengubah pengaturan restriksi. Setelah itu, Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda sembunyikan atau batasi aksesnya.

5. Gunakan Fitur App Library

Fitur App Library merupakan fitur baru yang diperkenalkan di iOS 14. Fitur ini secara otomatis mengelompokkan aplikasi berdasarkan jenisnya di layar utama. Namun, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi di dalam App Library. Caranya, cukup tahan salah satu ikon aplikasi hingga ikon-ikon aplikasi mulai bergetar, kemudian pilih opsi “Sembunyikan dari Layar Utama”. Dengan cara ini, aplikasi tersebut akan tetap dapat diakses melalui App Library, namun tidak akan terlihat di tampilan utama iPhone Anda.

FAQ

Q: Apakah semua cara di atas dapat dilakukan di semua tipe iPhone?

A: Ya, semua cara di atas dapat dilakukan di berbagai tipe iPhone yang mendukung sistem operasi iOS yang terbaru.

Q: Apakah ada cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone?

A: Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur khusus untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda.

Q: Apakah semua cara di atas aman untuk dilakukan?

A: Ya, semua cara di atas merupakan fitur bawaan dari sistem operasi iPhone yang aman untuk digunakan. Namun, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

Redaksi Ponta

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button