Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

Siapa yang tidak pernah mengalami kejadian tidak sengaja menghapus foto-foto penting di dalam ponsel? Terkadang, foto yang terhapus tersebut merupakan kenangan berharga yang tidak bisa direplikasi. Namun, jangan khawatir! Di dalam artikel ini, Anda akan belajar cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa aplikasi. Berikut beberapa metode yang bisa Anda coba:

1. Memanfaatkan Google Photos

Jika Anda memiliki akun Google dan telah mengaktifkan fitur sinkronisasi foto, foto yang terhapus permanen ponsel Anda mungkin tersimpan di dalam Google Photos. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Photos di ponsel Anda
  2. Ketuk ikon “Trash” di pojok kanan atas layar
  3. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan
  4. Ketuk ikon “Restore” di pojok kanan bawah layar

2. Memeriksa Folder Sampah di Ponsel

Saat Anda menghapus foto di ponsel, foto tersebut mungkin tidak langsung dihapus secara permanen. Biasanya, foto-foto tersebut akan disimpan di dalam folder sampah ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Galeri di ponsel Anda
  2. Cari opsi “Album” atau “Folder”
  3. Pilih folder “Sampah” atau “Tempat Sampah”
  4. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan
  5. Pilih opsi “Pulihkan” atau “Restore”

3. Menghubungi Layanan Dukungan Ponsel

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menghubungi layanan dukungan ponsel Anda. Kadang-kadang, perangkat Anda memiliki fitur cadangan yang tidak diketahui dan foto-foto yang terhapus secara permanen masih dapat dipulihkan oleh pihak yang berwenang.

FAQ

Apakah foto yang terhapus permanen benar-benar dapat pulih?

Ya, terkadang foto yang terhapus permanen masih dapat dipulihkan melalui berbagai metode yang telah disebutkan di atas.

Apakah semua ponsel memiliki folder sampah?

Tidak, beberapa ponsel mungkin memiliki cara berbeda untuk menangani foto-foto yang dihapus. Namun, sebagian besar ponsel memiliki fitur folder sampah atau tempat sampah.

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button