Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Tersembunyi

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana aplikasi yang Anda gunakan tiba-tiba menghilang atau tersembunyi di perangkat Anda? Ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menjengkelkan, apalagi jika aplikasi tersebut digunakan untuk keperluan penting. Namun, jangan khawatir, karena Anda bisa mengembalikan aplikasi yang tersembunyi dengan beberapa langkah yang mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara mengembalikan aplikasi yang tersembunyi baik di perangkat Android maupun iOS.

Cara Mengembalikan Aplikasi di Perangkat Android

  1. Periksa di Aplikasi Pembantu atau Drawer
  2. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda dan cari menu “Aplikasi” atau “Aplikasi dan Pemberitahuan”. Di sana, Anda bisa melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkat Anda. Cek apakah aplikasi yang hilang tersebut muncul di sana. Jika iya, tandai dan pilih “Tampilkan” atau “Tampilkan di laci” untuk mengembalikannya ke layar utama perangkat Anda.

  3. Cari melalui Pengaturan Aplikasi
  4. Jika langkah pertama tidak berhasil, pergi ke menu “Pengaturan” > “Aplikasi” > “Semua aplikasi”. Di sini, gulir ke bawah dan cari opsi “Semua aplikasi” atau “Aplikasi sistem terinstal”. Cek apakah aplikasi yang hilang tersebut ada di daftar tersebut. Jika iya, Anda bisa mengembalikannya dengan memilih aplikasi tersebut dan memilih opsi “Tampilkan” atau “Tampilkan di laci”.

  5. Gunakan Aplikasi Pencarian
  6. Jika Anda masih belum menemukan aplikasi yang hilang, Anda bisa menggunakan fitur pencarian di pengaturan aplikasi. Caranya adalah dengan membuka menu “Pengaturan” > “Aplikasi” dan mencari aplikasi yang hilang tersebut menggunakan fitur pencarian yang tersedia. Setelah menemukannya, Anda bisa mengembalikannya dengan memilih opsi “Tampilkan” atau “Tampilkan di laci”.

Cara Mengembalikan Aplikasi di Perangkat iOS

  1. Periksa di App Library
  2. Pada perangkat iOS, aplikasi yang tersembunyi bisa saja berada di “App Library”. Untuk mengaksesnya, cukup geser layar perangkat Anda ke kiri hingga muncul layar “App Library”. Di sana, cari aplikasi yang tersembunyi dan tahan tekan untuk memunculkan opsi “Tambahkan ke layar utama”. Pilih opsi tersebut untuk mengembalikan aplikasi ke layar utama perangkat Anda.

  3. Gunakan Fitur Pencarian
  4. Jika Anda tidak menemukan aplikasi yang tersembunyi di “App Library”, Anda bisa menggunakan fitur pencarian. Geser layar ke bawah untuk membuka layar pencarian dan ketik nama aplikasi yang hilang. Setelah menemukannya, tahan tekan aplikasi tersebut dan pilih opsi “Tambahkan ke layar utama” untuk mengembalikannya.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan aplikasi yang tersembunyi di perangkat Android maupun iOS. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan bisa mendapatkan kembali akses ke aplikasi yang hilang tersebut dan melanjutkan penggunaannya seperti biasa.

FAQ

1. Apakah aplikasi yang tersembunyi bisa hilang karena alasan tertentu?

Iya, aplikasi bisa tersembunyi atau hilang karena berbagai alasan, seperti pengaturan perangkat, pembaruan sistem, atau kesalahan pengguna.

2. Apakah semua aplikasi yang tersembunyi bisa dikembalikan?

Sebagian besar aplikasi yang tersembunyi bisa dikembalikan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Namun, ada beberapa kasus di mana aplikasi tersebut sudah dihapus atau tidak lagi terpasang di perangkat Anda.

3. Apakah mengembalikan aplikasi yang tersembunyi akan menghapus data dari aplikasi tersebut?

Tidak, mengembalikan aplikasi yang tersembunyi biasanya tidak menghapus data dari aplikasi tersebut. Anda akan tetap memiliki akses ke data yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut.

Dengan mengetahui cara mengembalikan aplikasi yang tersembunyi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu aplikasi favorit Anda tiba-tiba menghilang dari layar utama perangkat Anda. Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan bisa menggunakan aplikasi tersebut kembali dalam waktu singkat.

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button