Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Ada kalanya kita harus menonaktifkan aplikasi di perangkat kita untuk sementara waktu, entah itu untuk menghemat baterai atau untuk alasan lainnya. Namun, terkadang kita lupa bagaimana cara mengaktifkan kembali aplikasi tersebut. Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan dengan lengkap mengenai cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di berbagai platform perangkat, mulai dari Android, iOS, hingga Windows. Simak ulasan berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Android

  1. Buka Pengaturan
  2. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Biasanya ikon Pengaturan berupa ikon gear yang terdapat di layar utama atau di laci aplikasi.

  3. Pilih Aplikasi
  4. Setelah masuk ke Pengaturan, cari dan pilih menu “Aplikasi” atau “Aplikasi & Notifikasi”. Di sini Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.

  5. Cari Aplikasi yang Ingin Diaktifkan Kembali
  6. Setelah itu, cari aplikasi yang ingin Anda aktifkan kembali. Ketuk aplikasi tersebut untuk membuka detailnya.

  7. Aktifkan Aplikasi
  8. Pada halaman detail aplikasi, Anda akan menemukan tombol “Aktifkan” jika aplikasi tersebut sedang dinonaktifkan. Ketuk tombol tersebut untuk mengaktifkan kembali aplikasi tersebut.

  9. Selesai
  10. Selamat, Anda telah berhasil mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan di perangkat Android Anda. Kini Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut seperti biasa.

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di iOS

  1. Buka Pengaturan
  2. Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat iOS Anda. Aplikasi Pengaturan biasanya memiliki ikon berwarna abu-abu dengan gambar roda gigi di dalamnya.

  3. Pilih General
  4. Setelah masuk ke aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “General”. Di sini Anda akan menemukan berbagai pengaturan umum perangkat iOS Anda.

  5. Pilih Restrictions
  6. Pada beberapa versi iOS, Anda akan menemukan opsi “Restrictions” di bawah menu “General”. Pilih opsi ini untuk melanjutkan proses mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan.

  7. Masukkan Kode Akses
  8. Jika Anda telah mengatur kode akses (restrictions passcode) sebelumnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode tersebut. Lakukanlah hal ini untuk melanjutkan proses.

  9. Pilih App yang Ingin Diaktifkan Kembali
  10. Setelah masuk ke menu Restrictions, cari aplikasi yang ingin Anda aktifkan kembali. Secara default, semua aplikasi dalam daftar restrictions akan ditandai sebagai “Off”. Pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali dengan menekan tombol “On”.

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Windows

  1. Buka Pengaturan
  2. Pertama, buka menu Start dan pilih opsi “Settings” (gambar roda gigi). Menu Settings juga dapat diakses dengan menekan tombol keyboard Windows + I.

  3. Pilih Apps
  4. Setelah masuk ke menu Settings, pilih opsi “Apps”. Di sini Anda akan menemukan semua aplikasi yang terpasang di perangkat Windows Anda.

  5. Pilih Apps & Features
  6. Dalam menu Apps, pilih opsi “Apps & Features” di bagian kiri layar. Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkat Windows Anda.

  7. Cari Aplikasi yang Ingin Diaktifkan Kembali
  8. Cari aplikasi yang ingin Anda aktifkan kembali dalam daftar Apps & Features. Klik atau ketuk aplikasi tersebut untuk membuka detailnya.

  9. Aktifkan Aplikasi
  10. Pada halaman detail aplikasi, cari tombol “Advanced options” dan klik atau ketuk tombol tersebut. Di halaman berikutnya, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi. Pilih opsi “Activate” untuk mengaktifkan kembali aplikasi tersebut.

Demikianlah cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di berbagai platform perangkat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan fungsionalitas aplikasi yang telah Anda nonaktifkan sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola aplikasi di perangkat Anda.

FAQ

1. Apakah semua aplikasi bisa diaktifkan kembali setelah dinonaktifkan?

Ya, semua aplikasi yang dinonaktifkan bisa diaktifkan kembali asalkan Anda memiliki izin untuk melakukannya. Beberapa aplikasi sistem mungkin tidak dapat diaktifkan kembali karena diperlukan untuk operasi dasar sistem.

2. Apakah mengaktifkan kembali aplikasi bisa menyebabkan masalah pada perangkat?

Tidak, mengaktifkan kembali aplikasi yang sebelumnya dinonaktifkan seharusnya tidak menyebabkan masalah pada perangkat. Namun, pastikan untuk mengaktifkan aplikasi hanya dari sumber yang tepercaya dan aman.

3. Bisakah saya mengaktifkan kembali aplikasi yang dihapus dari perangkat?

Ya, Anda dapat mengunduh ulang dan menginstal ulang aplikasi yang telah dihapus dari perangkat Anda melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store, App Store, atau Microsoft Store.

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button