Cara Melihat Orang Yang Stalking Ig Kita Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Orang Yang Stalking Ig Kita Tanpa Aplikasi
Halo para pengguna media sosial, apakah kamu pernah merasa curiga bahwa ada orang yang terus-terusan melihat akun Instagram kamu tanpa sepengetahuan kamu? Ketika kamu merasa seperti itu, pasti ada rasa ingin tahu untuk mengetahui siapa orang tersebut. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap cara melihat orang yang stalking Ig kita tanpa menggunakan aplikasi tambahan.
Apa Itu Stalking Ig?
Stalking Ig, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai “mengintai” atau “menyusup”, mengacu pada aktivitas seseorang yang terus-menerus melihat akun Instagram orang lain tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut. Stalking dapat dilakukan tanpa meninggalkan jejak seperti like atau comment, sehingga sulit bagi pemilik akun untuk mengetahui siapa yang telah melihat akunnya.
Mengapa seseorang melakukan stalking dapat bermacam-macam, mulai dari rasa ingin tahu, rasa kecemburuan, hingga niat jahat. Namun, apapun alasannya, tentu saja kita sebagai pemilik akun ingin dapat melihat siapa saja yang telah memantau aktivitas kita.
Cara Melihat Orang Yang Stalking Ig Kita
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melacak orang yang stalking Ig kamu tanpa menggunakan aplikasi tambahan:
1. Gunakan Fitur “Akun Pribadi”
Mengubah akun Instagram kamu menjadi akun pribadi adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk melacak orang yang stalking Ig kamu. Dengan mengaktifkan fitur akun pribadi, kamu bisa membatasi siapa saja yang dapat melihat postingan, stories, dan informasi lainnya dalam akun kamu. Selain itu, dengan akun pribadi, kamu juga bisa melihat siapa saja yang telah mengirimkan follow request ke kamu. Sehingga, jika ada orang yang sering-sering muncul sebagai pengirim follow request, bisa jadi orang tersebut adalah salah satu dari para stalker Ig kamu.
2. Gunakan Fitur “Story Viewer List”
Sejak fitur story diperkenalkan di Instagram, pengguna bisa melihat siapa saja yang telah melihat story yang diunggah oleh akun mereka. Cara ini bisa menjadi langkah awal untuk mengetahui siapa saja yang sering-sering mengintip story kamu. Caranya cukup mudah, setelah kamu mengunggah story, buka story tersebut dan geser ke atas untuk melihat daftar orang yang telah melihat story kamu.
3. Perhatikan Aktivitas Pengikut
Salah satu cara lain untuk melacak orang yang stalking Ig kamu adalah dengan memperhatikan aktivitas pengikut kamu. Jika ada akun yang sering-sering muncul di “Following” kamu tanpa kamu mengikuti balik, bisa jadi akun tersebut sering melakukan stalking pada akun kamu.
4. Gunakan Fitur “Activity”
Instagram memiliki fitur “Activity” yang bisa membantu kamu melihat aktivitas pengguna lain, termasuk siapa saja yang telah mengikuti, like, atau comment pada postingan. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa melihat apakah ada akun yang sering muncul di aktivitas seperti like atau follow, namun tidak pernah muncul di daftar pengikut kamu. Ini bisa menjadi petunjuk bahwa akun tersebut sering melakukan stalking pada akun kamu.
5. Perhatikan Interaksi di Kolom Komentar
Terkadang, para stalker Ig akan meninggalkan jejak stalking mereka dalam bentuk komentar pada postingan akun kamu. Oleh karena itu, perhatikanlah kolom komentar di postingan kamu. Jika ada akun yang sering muncul sebagai pengomentar tanpa kamu mengenalnya, bisa jadi akun tersebut adalah salah satu dari para stalker Ig kamu.
Cara Melindungi Akun dari Stalking Ig
Selain melacak orang yang stalking Ig kita, tentu juga penting untuk melindungi akun agar tidak menjadi sasaran stalking. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melindungi akun Instagram kamu dari para stalker:
1. Atur Akun Menjadi “Private”
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengubah akun menjadi akun pribadi adalah langkah pertama untuk melindungi akun dari orang yang tidak diinginkan. Dengan akun pribadi, kamu bisa membatasi siapa saja yang dapat melihat aktivitas dalam akun kamu.
2. Blokir Akun yang Mencurigakan
Jika kamu merasa bahwa ada akun yang mencurigakan atau mengganggu dalam bentuk stalking, jangan ragu untuk memblokir akun tersebut. Dengan memblokir akun, akun tersebut tidak akan dapat melihat aktivitas dalam akun kamu.
3. Perhatikan Jejak Digital Kamu
Selalu perhatikan apa yang kamu bagikan di akun Instagram kamu. Jangan menambahkan informasi pribadi yang sensitif dalam postingan atau story kamu. Selain itu, jangan mudah memberikan like atau comment pada akun yang mencurigakan.
4. Ganti Kata Sandi Secara Berkala
Untuk meningkatkan keamanan akun Instagram kamu, pastikan untuk secara berkala mengganti kata sandi akun kamu. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi risiko akun kamu diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
FAQ
1. Apakah melacak orang yang stalking Ig melanggar privasi?
Melacak orang yang stalking Ig kamu tidak melanggar privasi, karena aktivitas stalkers tersebut dilakukan secara terbuka di akun Instagram kamu. Namun, tetaplah menjaga etika dalam menangani informasi yang kamu dapatkan.
2. Apakah ada cara untuk melacak stalker Ig tanpa membuat akun menjadi pribadi?
Untuk melihat siapa yang melihat profil Instagram kamu tanpa harus membuat akun menjadi pribadi, saat ini belum ada cara yang resmi oleh Instagram. Namun, beberapa langkah yang telah disebutkan sebelumnya bisa membantu kamu dalam melacak aktivitas stalker Ig.
3. Apakah menggunakan aplikasi tambahan lebih efektif daripada cara-cara yang telah disebutkan?
Beberapa aplikasi memang menawarkan fitur untuk melacak siapa yang stalking Ig kamu, namun cara-cara yang telah disebutkan dalam artikel ini tetap bisa memberikan informasi yang cukup akurat tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan yang mungkin tidak aman.
Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa mencoba untuk melacak orang yang stalking Ig kamu tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Namun, tentu saja tetaplah menjaga etika dalam menggunakan informasi yang kamu dapatkan dan lakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi akun Instagram kamu. Semoga artikel ini bermanfaat!

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button