Cara Melihat Aplikasi Yg Sudah Di Hapus

Apakah Aplikasi yang Telah Dihapus Bisa Dilihat Kembali?

Ada kalanya kita ingin melihat kembali aplikasi yang pernah dihapus dari perangkat smartphone kita. Entah itu karena ingin mengingat kembali aplikasi favorit yang pernah digunakan atau sekadar ingin mengetahui riwayat penggunaan aplikasi. Namun, apakah memungkinkan untuk melihat kembali aplikasi yang telah dihapus? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Melihat Riwayat Penggunaan Aplikasi di Google Play Store

Banyak pengguna smartphone Android yang ingin melihat kembali aplikasi yang pernah dihapus dapat menggunakan riwayat penggunaan aplikasi di Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store
    Pertama-tama, buka aplikasi Google Play Store di perangkat Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis
    Di bagian kiri atas layar, Anda akan melihat ikon tiga garis. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu navigasi.
  3. Pilih “Riwayat”
    Pada menu navigasi, pilih opsi “Riwayat” untuk melihat riwayat aplikasi yang pernah diunduh atau dihapus.
  4. Lihat riwayat aplikasi
    Setelah memilih opsi “Riwayat”, Anda akan melihat daftar aplikasi yang pernah diunduh atau dihapus. Anda juga dapat melihat detail lebih lanjut dengan mengetuk aplikasi tertentu dalam riwayat.

Cara Melihat Riwayat Penggunaan Aplikasi di App Store (iOS)

Bagi pengguna iPhone atau iPad, Anda juga dapat melihat riwayat penggunaan aplikasi yang pernah dihapus melalui App Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka App Store
    Buka aplikasi App Store di perangkat iOS Anda.
  2. Ketuk ikon profil
    Di bagian kanan atas layar, Anda akan melihat ikon profil. Ketuk ikon tersebut untuk membuka akun Anda.
  3. Pilih “Pembelian”
    Setelah masuk ke akun, pilih opsi “Pembelian” untuk melihat riwayat pembelian aplikasi.
  4. Pilih “Tidak di Ponsel Saya”
    Pilih opsi “Tidak di Ponsel Saya” untuk melihat riwayat semua aplikasi yang pernah diunduh atau dihapus, termasuk yang tidak terpasang di perangkat Anda saat ini.

Tools dan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Melihat Riwayat Aplikasi

Selain menggunakan fitur bawaan dari Google Play Store atau App Store, Anda juga dapat menggunakan tools dan aplikasi pihak ketiga untuk melihat riwayat penggunaan aplikasi yang pernah dihapus. Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda coba:

  1. App Usage
    App Usage merupakan aplikasi untuk melacak riwayat penggunaan aplikasi di perangkat Android. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang aplikasi yang pernah diinstal, digunakan, dan dihapus.
  2. My App Usage
    My App Usage adalah aplikasi serupa untuk perangkat Android yang dapat melacak riwayat penggunaan aplikasi. Aplikasi ini juga memberikan informasi detail tentang aplikasi yang telah dihapus.
  3. Offtime
    Offtime merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melihat penggunaan aplikasi secara detail, termasuk aplikasi yang pernah dihapus. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengatur waktu layar dan membatasi penggunaan aplikasi.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apakah semua aplikasi yang pernah dihapus dapat dilihat kembali?
Ya, melalui fitur riwayat penggunaan aplikasi di Google Play Store atau App Store, Anda dapat melihat semua aplikasi yang pernah diunduh atau dihapus.

2. Apakah penggunaan tools dan aplikasi pihak ketiga aman?
Sebaiknya tetap berhati-hati dan membaca ulasan serta informasi tentang keamanan sebelum menggunakan tools dan aplikasi pihak ketiga untuk melihat riwayat penggunaan aplikasi.

3. Apakah riwayat penggunaan aplikasi dapat dihapus atau diatur?
Ya, beberapa tools dan aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda mengatur dan mengelola riwayat penggunaan aplikasi, termasuk menghapus riwayat jika diperlukan.

Dengan menggunakan panduan di atas, Anda sekarang dapat melihat kembali aplikasi yang pernah dihapus dari perangkat Anda. Dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Google Play Store atau App Store, serta tools dan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengakses riwayat penggunaan aplikasi secara lengkap. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda!

Redaksi Ponta

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button