Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan smartphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang membuat smartphone begitu berguna adalah kemampuannya untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang mungkin memengaruhi kinerja dan konsumsi baterai smartphone kita. Untuk itu, penting bagi kita untuk dapat melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang agar dapat mengelolanya dengan lebih efisien.

Metode Melalui Pengaturan Smartphone

Salah satu cara untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah melalui pengaturan smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di smartphone Anda.
  2. Pilih opsi Aplikasi atau Aplikasi dan notifikasi.
  3. Pilih opsi Aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  4. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Anda dapat memilih untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu agar tidak berjalan di latar belakang.

Metode Melalui Aplikasi Manajemen Tugas

Selain melalui pengaturan smartphone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi manajemen tugas untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi manajemen tugas seperti Advanced Task Manager, Greenify, atau Hibernation Manager dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat daftar lengkap aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  3. Dari sini, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu agar tidak berjalan di latar belakang atau menggunakan fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi manajemen tugas tersebut.

Metode Melalui Developer Options

Metode lain untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah melalui Developer Options (Opsi Pengembang) di pengaturan smartphone. Namun, perlu diingat bahwa metode ini lebih cocok untuk pengguna yang memiliki pengetahuan teknis yang cukup. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di smartphone Anda.
  2. Pergi ke opsi Tentang telepon.
  3. Pada bagian Nomor Build, ketuk berkali-kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda telah masuk ke Developer Mode.
  4. Kembali ke menu Pengaturan dan pilih opsi Opsi Pengembang yang baru muncul.
  5. Pilih opsi Aktifkan aplikasi dalam latar belakang.
  6. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang:

1. Apakah aman untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang?
Menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya aman asalkan Anda tidak menonaktifkan aplikasi yang penting atau sistem. Pastikan untuk membaca deskripsi aplikasi sebelum menonaktifkannya untuk memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami masalah.

2. Apakah melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat meningkatkan kinerja smartphone?
Ya, dengan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda dapat mengurangi beban pada memori dan CPU smartphone Anda, sehingga meningkatkan kinerjanya.

3. Bagaimana cara mengetahui aplikasi yang paling banyak memengaruhi kinerja smartphone?
Anda dapat menggunakan aplikasi analisis kinerja seperti Greenify atau Battery Doctor untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan sumber daya dan memengaruhi kinerja smartphone Anda.

Demikianlah cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada smartphone Anda. Dengan mengelola aplikasi dengan lebih efisien, Anda dapat meningkatkan kinerja smartphone dan menghemat daya baterai. Selamat mencoba!

Redaksi Ponta

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button