Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

YouTube adalah platform video online yang sangat populer di seluruh dunia. Jutaan orang mengakses YouTube setiap hari untuk menonton berbagai konten mulai dari musik, tutorial, hingga vlog. Namun, ada saat-saat ketika kita ingin menjalankan aplikasi lain sambil tetap mendengarkan audio dari video di YouTube. Sayangnya, ketika kita keluar dari aplikasi YouTube atau membuka aplikasi lain, video yang sedang diputar akan terhenti. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara agar YouTube tetap berjalan saat membuka aplikasi lain.

1. Gunakan Mode Picture-in-Picture (PiP)


Mode Picture-in-Picture (PiP) adalah fitur yang memungkinkan pengguna YouTube untuk menjalankan video dalam jendela kecil yang tetap terbuka di layar bahkan saat membuka aplikasi lain. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin tetap mendengarkan audio dari video YouTube sambil menggunakan aplikasi lain. Cara mengaktifkan PiP adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda.
  2. Pilih video yang ingin Anda tonton.
  3. Ketuk tombol “Home” untuk keluar dari aplikasi YouTube.
  4. Video akan otomatis berlanjut di jendela kecil di sudut layar Anda.

Dengan menggunakan fitur PiP, Anda dapat menjalankan video YouTube sambil membuka aplikasi lain seperti browser, media sosial, atau aplikasi lainnya.

2. Gunakan YouTube Premium


YouTube Premium adalah layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna menikmati konten YouTube tanpa iklan, menyimpan video offline, dan memutar video di latar belakang atau layar terkunci. Fitur terakhir ini merupakan solusi yang tepat untuk menghindari video YouTube terhenti saat membuka aplikasi lain.
Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda dapat menjalankan video di latar belakang bahkan saat menggunakan aplikasi lain atau layar perangkat Anda terkunci. Ini membuat pengalaman menonton video YouTube menjadi lebih fleksibel dan nyaman.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Selain menggunakan mode PiP atau berlangganan YouTube Premium, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menjalankan video YouTube di latar belakang. Beberapa aplikasi yang populer untuk tujuan ini meliputi:
  • Ymusic
  • Stream
  • Video Tube

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memutar audio dari video YouTube di latar belakang sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi lain tanpa menghentikan pemutaran video.

4. Gunakan Browser Desktop Mode


Metode lain untuk menjalankan video YouTube sambil membuka aplikasi lain adalah dengan menggunakan browser dalam mode desktop. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka browser di perangkat Anda (Google Chrome disarankan).
  2. Kunjungi situs web YouTube dan cari video yang ingin Anda tonton.
  3. Ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas browser untuk membuka menu.
  4. Pilih opsi “Desktop Site” untuk beralih ke tampilan desktop YouTube.
  5. Putar video dan keluar dari browser untuk membuka aplikasi lain.

Dengan menggunakan mode desktop, video akan terus berjalan bahkan ketika Anda membuka aplikasi lain di perangkat Anda.

5. Menggunakan Fitur Background Play di Aplikasi YouTube


Saat ini, YouTube telah meluncurkan fitur “Background Play” di aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar video di latar belakang tanpa perlu berlangganan YouTube Premium. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda.
  2. Pilih video yang ingin Anda tonton.
  3. Tekan tombol “Kembali” setelah video dimulai untuk meminimalkannya ke jendela.
  4. Video akan terus berjalan di latar belakang saat Anda membuka aplikasi lain.

Dengan menggunakan fitur Background Play, Anda dapat menikmati video YouTube sambil melakukan berbagai aktivitas di perangkat Anda.

6. Memutar Video di Aplikasi Musik


Cara lain untuk menjalankan video YouTube sambil membuka aplikasi lain adalah dengan memutar video di aplikasi musik yang mendukung pemutaran latar belakang. Beberapa aplikasi musik seperti Spotify, Apple Music, atau Google Play Music memungkinkan pengguna untuk memutar audio dari video YouTube di latar belakang.
Caranya adalah dengan menggunakan fitur “Open in” atau “Share” di aplikasi YouTube untuk membagikan link video ke aplikasi musik pilihan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mendengarkan audio dari video YouTube sambil menggunakan aplikasi musik atau aplikasi lain di perangkat Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

  1. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan fitur latar belakang di YouTube?
  2. Saat ini, fitur latar belakang atau Background Play telah disertakan dalam aplikasi YouTube tanpa memerlukan biaya tambahan. Namun, fitur ini juga merupakan salah satu dari banyak manfaat yang ditawarkan oleh berlangganan YouTube Premium.

  3. Apakah semua video di YouTube dapat diputar di latar belakang?
  4. Secara umum, hampir semua video di YouTube dapat diputar di latar belakang ketika menggunakan fitur resmi seperti Background Play di aplikasi YouTube atau YouTube Premium. Namun, beberapa konten mungkin tidak mendukung pemutaran di latar belakang karena batasan lisensi atau pembatasan lainnya.

  5. Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memutar video di latar belakang aman?
  6. Memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga merupakan pilihan pengguna. Namun, pastikan untuk mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya dan melakukan penelitian tentang keamanan dan privasi sebelum menggunakannya.

Dengan mengetahui cara-cara di atas, Anda dapat tetap mendengarkan audio dari video YouTube saat membuka aplikasi lain atau melakukan aktivitas lain di perangkat Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk meningkatkan pengalaman menonton video YouTube. Semoga panduan ini bermanfaat!

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button