Aplikasi Yang Bisa Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Kejadian yang umum terjadi adalah menghapus foto secara tidak sengaja dari ponsel atau komputer. Hal ini tentu saja membuat kita merasa panik dan khawatir kehilangan momen-momen berharga yang terabadikan dalam foto. Namun, jangan khawatir, dengan perkembangan teknologi, kini telah banyak aplikasi yang bisa membantu mengembalikan foto yang terhapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Recuva

Recuva adalah salah satu aplikasi yang paling populer digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus, termasuk foto. Aplikasi ini menawarkan fitur yang mudah digunakan dan dapat memindai berbagai jenis media penyimpanan, mulai dari kartu SD, hard drive, hingga USB drive. Recuva juga memiliki fitur deep scan yang memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak file yang terhapus. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar, namun versi gratisnya pun sudah cukup mumpuni untuk mengembalikan berbagai file yang terhapus.

2. PhotoRec

PhotoRec adalah aplikasi open-source yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto dan file lainnya yang terhapus. Aplikasi ini dapat bekerja pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Mac, dan Linux, serta mendukung berbagai jenis file yang berbeda. Meskipun antarmuka PhotoRec mungkin terlihat sedikit kuno, namun kemampuannya untuk mengembalikan file yang terhapus sangatlah baik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memulihkan file dari kerusakan pada media penyimpanan.

3. Dr.Fone

Dr.Fone merupakan salah satu aplikasi yang paling populer digunakan untuk memulihkan data yang terhapus pada ponsel, termasuk foto. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis ponsel, seperti iPhone, Samsung, HTC, dan lainnya. Selain itu, Dr.Fone juga memiliki fitur yang dapat memulihkan data dari backup iCloud dan iTunes. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus akibat kesalahan pengguna, kegagalan sistem, serangan virus, atau pemblokiran layar ponsel. Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan Dr.Fone secara penuh, diperlukan pembelian lisensi.

4. DiskDigger

DiskDigger merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus dari kartu memori, hard drive, hingga ponsel Android. Aplikasi ini memiliki dua pilihan pemulihan, yaitu “dig deep” untuk pemulihan yang lebih dalam dan “dig deeper” untuk pemulihan yang lebih menyeluruh. Selain itu, DiskDigger juga dapat memulihkan file-file jenis tertentu seperti JPG, PNG, MP4, serta beberapa format file lainnya. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar, namun versi gratisnya sudah cukup mampu untuk mengembalikan foto yang terhapus.

5. Undeleter

Undeleter adalah aplikasi yang sangat berguna untuk memulihkan file yang terhapus pada ponsel Android. Aplikasi ini dapat mencari file yang terhapus pada penyimpanan internal maupun eksternal ponsel. Selain itu, Undeleter juga dapat memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur pembersihan yang dapat membersihkan file-file yang tidak diperlukan untuk memulihkan ruang penyimpanan ponsel.

6. Google Photos

Google Photos adalah layanan penyimpanan foto online yang disediakan oleh Google. Selain dapat digunakan untuk menyimpan dan menyinkronkan foto, Google Photos juga memiliki fitur “Trash” yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan foto yang telah dihapus. Fitur ini sangat berguna terutama bagi pengguna yang secara tidak sengaja menghapus foto-foto mereka. Pengguna dapat dengan mudah memulihkan foto yang dihapus dalam waktu 60 hari sejak foto tersebut dihapus. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Google Photos maupun melalui website resminya.

Dengan adanya berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus, pengguna tidak perlu khawatir lagi jika mengalami kejadian tidak menyenangkan seperti ini. Namun, perlu diingat bahwa langkah pencegahan tetap merupakan hal yang terbaik, seperti membuat backup secara berkala dan hati-hati dalam menghapus file. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kehilangan foto-foto berharga Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah semua aplikasi di atas tersedia secara gratis?
– Beberapa aplikasi di atas tersedia secara gratis namun dengan keterbatasan fitur. Untuk menggunakan fitur penuh, pengguna perlu membeli lisensi dari aplikasi tersebut.

2. Apakah aplikasi di atas dapat digunakan untuk memulihkan foto yang sudah terhapus dalam waktu lama?
– Kemungkinan untuk memulihkan foto yang sudah terhapus dalam waktu lama tergantung pada kondisi media penyimpanan dan seberapa besar foto tersebut telah ter-overwrite oleh file lainnya. Namun, dengan menggunakan fitur deep scan pada beberapa aplikasi, kemungkinan untuk memulihkan foto dalam waktu lama dapat lebih besar.

3. Apakah penggunaan aplikasi ini aman?
– Penggunaan aplikasi untuk memulihkan foto yang terhapus memang memiliki risiko tersendiri, terutama jika tidak digunakan dengan hati-hati. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan jangan lupa untuk membackup data penting sebelum menggunakan aplikasi ini.

Dengan adanya FAQ di atas, diharapkan dapat membantu pembaca untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang penggunaan aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus.

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button