Aplikasi Screenshot Laptop

Menangkap layar (screenshot) merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pengguna laptop. Dengan melakukan screenshot, pengguna dapat mengambil gambar atau informasi pada layar laptop untuk berbagai keperluan, seperti dokumentasi, presentasi, atau sekadar berbagi informasi. Aplikasi screenshot laptop menjadi solusi yang sangat diperlukan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan proses screenshot. Berikut ini adalah beberapa aplikasi screenshot laptop yang dapat digunakan.

1. Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan berbagai mode, seperti mode pemotongan bebas, pemotongan bentuk, dan pemotongan jendela. Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat berguna untuk kebutuhan screenshot dasar.

2. Lightshot

Lightshot adalah aplikasi screenshot laptop yang ringan dan mudah digunakan. Dengan Lightshot, pengguna dapat dengan cepat menangkap layar, menandai gambar dengan anotasi, dan langsung membagikannya melalui berbagai platform media sosial. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengepala hasil tangkapan layar yang memudahkan pengguna dalam mengatur tangkapan layar yang telah diambil.

3. Snagit

Snagit adalah salah satu aplikasi screenshot laptop yang memiliki fitur lengkap, termasuk penyuntingan gambar, rekaman layar, dan berbagi gambar ke berbagai platform. Aplikasi ini sangat cocok untuk kebutuhan profesional atau bisnis yang memerlukan fitur tangkapan layar yang lebih kompleks.

4. Greenshot

Greenshot adalah aplikasi open-source yang menyediakan berbagai fitur tangkapan layar, seperti pemotongan area, penandaan, dan pengepala yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini juga mendukung plugin untuk memperluas fungsionalitasnya, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

5. Windows Snip & Sketch

Windows Snip & Sketch adalah aplikasi screenshot bawaan Windows 10 yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar, menandainya, dan menyimpannya dalam berbagai jenis file gambar. Dengan antarmuka yang sederhana, Windows Snip & Sketch sangat mudah digunakan untuk kebutuhan screenshot sehari-hari.

6. Jing

Jing adalah aplikasi screenshot yang dikembangkan oleh TechSmith, pengembang Snagit. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menangkap tangkapan layar, kemudian menandainya, memberikan anotasi, dan berbagi dengan cepat. Jing juga menyediakan fitur untuk merekam video layar, menjadikannya aplikasi yang sangat berguna untuk kegiatan presentasi atau pembuatan tutorial.

7. DuckCapture

DuckCapture adalah aplikasi screenshot laptop yang menyediakan berbagai fitur tangkapan layar, termasuk mode tangkapan layar layar penuh, jendela aktif, dan pemotongan area. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melakukan pengeditan sederhana pada gambar tangkapan layar, seperti menambahkan teks atau garis. DuckCapture sangat cocok untuk kebutuhan tangkapan layar yang lebih sederhana.

8. PicPick

PicPick adalah aplikasi screenshot laptop yang memiliki beragam fitur, seperti tangkapan layar, penyuntingan gambar, dan alat pengukuran. Aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan seperti pembuat warna, pemotong piksel, dan pembuat palet. PicPick sangat cocok untuk kebutuhan desain grafis dan pengambilan tangkapan layar yang memerlukan penyuntingan lebih lanjut.

9. ShareX

ShareX adalah aplikasi open-source yang menyediakan berbagai fitur tangkapan layar, serta fitur untuk berbagi gambar, entri teks, atau berkas lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam pilihan pengaturan untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. ShareX sangat cocok untuk pengguna yang memiliki kebutuhan berbagi tangkapan layar secara langsung ke berbagai platform.

10. Monosnap

Monosnap adalah aplikasi screenshot yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah, lalu menandainya dengan berbagai alat anotasi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk merekam video layar, sehingga cocok untuk kegiatan pembuatan tutorial atau demonstrasi produk. Monosnap juga memungkinkan pengguna untuk langsung berbagi tangkapan layar ke berbagai platform.

Dengan beragam pilihan aplikasi screenshot laptop yang tersedia, pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Dari aplikasi bawaan hingga aplikasi pihak ketiga, pengguna dapat menemukan solusi yang tepat untuk memudahkan proses pengambilan tangkapan layar di laptop.

Redaksi Ponta

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button