Tombol-Tombol Shortcut Yang Dapat Mempermudah Pekerjaan
03 September 2019

 

Teknologi - Pernah mendengar istilah shorcut pada perangkat komputer? Shortcut adalah jalan pintas/alternatif untuk menjalakan suatu diprogram komputer selain menggunakan mouse atau keyboard. Kegunaannya selain dapat menghemat waktu kita dalam melakukan sebuah pekerjaan, juga dapat mempercepat pengoperasian sobat dalam menggunakan komputer.

 

Saat ini, sistem pengoperasian yang lebih banyak digunakan pada perangkat komputer/laptop adalah windows 10. Tombol shortcut pada keyboard untuk sistem pengoperasian windows 10 pastinya membuat pengguna windows 7 & 8 kebingungan, sehingga memperlambat pekerjaan. Walaupun tombol shortcut sangat membantu, namun sebagian orang males menggunakannya karena terlalu banyak dan susah untuk diingat.

 

Pada artikel ini, admin akan memberikan informasi mengenai beberapa tombol-tombol shortcut pada windows 10 yang perlu sobat ketahui untuk membantu pekerjaan agar lebih cepat.

 

1.Windows + E

 

Tombol ini fungsinya adalah untuk membuka file explorer. Sobat tidak harus perlu repot-repot mencari ikon “My Computer” / “File Explorer”, cukup menekan tombol windows + E akan muncul box File Explorer.

 

2.Windows + D

Tombol ini berfungsi untuk me-minimize atau maximize suatu program. Tidak perlu repot-repot lagi menggeser kursor mouse ke sudut kanan suatu program untuk melakukannya, cukup dengan tombol windows + D.

 

3.Windows + L

Tombol ini berfungsi untuk mengunci layar komputer/laptop sobat. Disaat sobat ingin meninggalkan sejenak komputer/laptop namun takut pekerjaannya di ‘utak-atik’ orang lain, gunakan saja tombol windows + L. Perangkat akan terkunci otomatis, namun pekerjaan masih aman.

 

4.Windows + tombol arah di keyboard

 

Tombol ini memiliki fungsi untuk menggeser layar atau split screen. Dengan shortcut ini, layar kerja sobat otomatis akan menjadi setengah layar dan bisa pindah ke kiri atau ke kanan sesuai keinginan sobat.

 

5.Windows + Tab

 

Tombol ini berfungsi untuk membuka TaskView. TaskView membuat kita untuk dapat melihat software yang sedang running di komputer/laptop. Tombol ini memungkinkan kita juga untuk bisa bekerja dengan dua sampai tiga layar terbuka.

 

6.Ctrl + Backspace

Tombol ini bisa digunakan pada saat sobat mengetik. Apabila sobat ingin menghapus “kata” bukan huruf per huruf, tekan tombol ctrl + backspace. Tombol ini dapat mempersingkat waktu sobat dalam mengetik.

 

7.Ctrl + Shift + V

Dapat digunakan saat mengetik, tombol ini berfungsi jika kita ingin melakukan copy paste dari website, kita hanya akan mengambil teksnya saja (tidak dengan format lainnya).

 

Nah, itu dia tombol-tombol jalan pintas yang dapat membantu sobat selain tombol ctrl + c dan ctrl + V. Mudah-mudah kan untuk diingat? Selamat mencoba ya sobat!

 

 

Sumber :

idn.times.com

kaskus.co.id

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami