Tips Untuk Kamu Anak Kost Agar Bisa Bertahan Hidup
02 August 2019


Keuangan - Kehidupan sebagai anak ‘kost’ penuh dengan cerita yang beragam. Beberapa menjadi anak ‘kost’ pada waktu yang berbeda-beda, namun kebanyakan dimulai saat masuk kuliah. Menjadi anak ‘kost’ adalah sebuah pilihan untuk menjadi lebih mandiri, karena kamu mengatur mulai dari pola makan, tata ruang, kesehatan, dll sendirian.

 

Dalam kata lain, menjadi anak ‘kost’ harus pintar dalam mengatur segala halnya apalagi mengenai masalah keuangan. Mereka dituntut harus bisa mengatur keuangan dengan baik, karena kalau tidak bisa sengsara, apalagi kalau masih ‘disuntik’ dana oleh prang tua. Biasanya di tengah bulan cemas mulai menggerogoti karena takut ‘suntikkan’ dana telat.

 

Sama halnya juga dengan yang sudah mendapatkan penghasilan bulanan atau sudah bekerja, cemas tetap akan menggeroti apalagi dengan penghasilan yang masih minim. Bila tidak baik dalam mengatur keuangan pasti akan sengsara juga di akhir bulan nantinya. Apalagi kalau terlalu sering mengikuti gaya hidup ‘foya-foya’, di akhir bulan bisa ‘loyo-loyo’ karena uang menipis dan hanya bisa menunggu gajian turun.

 

Admin akan beri kamu tips untuk menjauhkan kecemasan di akhir bulan dan sobat tetap bisa ‘hidup’ selama sebulan. Berikut tips yang telah dirangkum berdasarkan sumber dari pengalaman dan refrensi lainnya.

 

1.Membuat Rekening Tabungan

 

Sumber : Unsplash.com

 

Cobalah untuk memiliki rekening lebih dari 1 atau membuat rekening baru yang khusus buat menabung. Buatlah rekening tabungan yang memiliki biaya potongan per bulannya kecil atau tidak ada. Setiap awal bulan, sisihkan 1/10 dari uang bulanan atau gaji kamu untuk ti transfer ke rekening tersebut. Agar kamu tidak tergoda untuk menarik uang dari rekening tersebut, admin sarankan kamu ‘rusak’ kartu debitnya dan jangan buat akun digitalnya. Namun yang terpenting agar ini berhasil adalah niat yang kuat ya sobat.

 

2.Masak sendiri atau membuat bekal

 

Sumber : Unsplash.com

 

Biaya yang pasti paling banyak dikeluarkan biasanya adalah untuk membeli makanan. Sobat lebih baik memasak sendiri untuk mengurangi biaya, itupun kalo ‘kost’an kamu memiliki dapur. Kalau tidak bisa, setidaknya kamu mempunya rice cooker agar kamu bisa membawa nasi sendiri dan membeli lauknya di luar. Pastinya lebih murah bukan?

 

3.Hemat Listrik dan Air

 

Sumber : Unsplash.com

 

Mulailah ‘peka’ terhadap penggunaan listrik dan air. Pastikan saat kamu meninggalkan kamarmu, semua perangkaat elektronik seperti TV, AC, lampu, dan semua yang tersambung dengan listrik telah dimatikan ya sobat. Gunakan air untuk hal yang penting, jangan biasakan menampung air. Beruntung sih bila biaya ‘kost’-an kamu sudah termasuk dengan listirk dan air.

 

4.Cari ‘kost’-an sesuai budget
Harga setiap kamar ‘kost’-an pasti berbeda-beda tergantung dari daerahnya dan fasilitas yang ditawarkan. Pilihlah sesuai dengan budget yang kamu miliki namun tetap memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti sudah termasuk laundry, listrik, dan air. Tidak perlu memilih yang mewah, cukup pilihlah yang nyaman untuk kamu tidur dan beristirahat.

 

5.Cari Promo
Saat ini, sudah banyak promo-promo yang bisa di dapatkan saat kamu ingin berbelanja terutama promo cashback atau discount. Jadilah ‘pemburu’ promo-promo tersebut dan manfaatkan agar kamu bisa berhemat. Jangan pernah malu untuk menggunakan promo karena takut dibilang ‘fakir’ promo. Hidup hemat bukan berarti miskin ya sobat.

 

6.Cari Freelance

 

Sumber : Unsplash.com

 

Kalau kamu masih kuliah, cobalah untuk mencari side job dikala jadwal kuliah kamu lagi kosong atau sedang libur. Selain bisa mengisi waktu luang, kamu juga bisa memiliki penghasilan. Carilah pekerjaan yang ringan-ringan seperti barista, pelayan restoran, sales, dll agar kuliah mu juga tidak terganggu. Kalau kamu yang sudah memiliki pekerjaan tetap juga bisa memilki side job. Namun harus lebih baik dalam membagi agar tidak mengganggu kinerja kamu di kantor.

 

Nah, itu tips-tips buat kamu khususnya anak ‘kost’ untuk tetap bertahan hidup di ‘keras’nya dunia ini. Kuncinya cuma satu, semua bisa dilakukan kalo memang sudah memiiki tekad yang kuat untuk menabung dan bisa menahan nafsu untuk tidak boros ya sobat.

 

Sumber :

cermati.com

Pengalam Pribadi Admin HeHe

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Spesial Promo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia: Diskon 50% hanya di Snowbay
16 Aug 2019
Tips Belanja Banyak Tanpa Harus Kantong Jebol
16 Aug 2019
Hindari Kalimat berikut Saat berada di Kantor Karena Berbahaya!
15 Aug 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami