Tips Belanja Banyak Tanpa Harus Kantong Jebol
16 August 2019

 

Keuangan - Siapa yang mudah sekali tergoda untuk berbelanja? Baik itu belanja kebutuhan atau belanja karena sekedar ingin membeli suatu barang/jasa. Apalagi kalau sudah mendapatkan notifikasi dari aplikasi belanja online atau melihat banner promo saat pergi shopping.

 

Sobat sudah harus mencoba menahan diri atau mulailah berhemat, sebelum semuanya terlambat. Banyak dampak yang mungkin bisa terjadi kalau tidak berhemat, seperti tidak bisa menabung, memiliki pinjaman yang menumpuk, dll. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai melakukan penghematan namun tetap bisa berbelanja kebutuhan atau keinginan kalian.

 

1. Buat Daftar Kebutuhan Setiap Bulan

Sumber : Freepik.com


Sobat sudah harus mulai tebiasa untuk membuat daftar kebutuhan setiap bulannya. Membuat daftar-daftar seperti itu sudah sangat praktis di zaman now. Sobat bisa membuatnya melalui notes yang ada di dalam smartphone. Jadi tidak ada alasan bagi Sobat untuk mengatakan tidak punya waktu membuat atau repot.

 

2 Bandingkan Harga dan Kualitas
Ketika Sobat mau membeli barang/jasa coba untuk jangan langsung mengambil setelah “pandangan pertama”. Sebelum semua terlambat, Sobat bisa membandingkan harga dan kualitasnya dengan produk yang sama tapi brand berbeda. Bisa saja Sobat menemukan kualitas yang sangat baik dari barang/jasa dengan harga yang sangat murah.

 

3 Sering Berdiskusi dengan Keluarga atau Teman

Sumber : Unsplash.com


“Malu Bertanya, Sesat di Jalan”. Pepatah tersebut mungkin cocok buat kamu yang mudah tergoda untuk berbelanja. Berdiskusi dengan keluarga atau teman untuk meminta saran tentang sesuatu yang hendak kamu beli bisa membantu kamu berhemat. Semakin banyak pendapat yang kamu terima, kamu akan semakin bingung dan bisa saja tidak jadi membeli.

 

4 Bergabunglah dengan Loyalty Member

Sumber : Unsplash.com


Memiliki kartu member tidak akan membuat kamu tidak bisa berhemat. Dengan Kartu Member kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan, salah satunya dapat mengumpulkan poin. Rata-rata setiap perusahaan akan memberikan poin dari setiap transaksi yang dilakukan oleh member-nya. Poin-poin tersebut biasanya dapat ditukarkan menjadi merchandise atau alat pembayaran.

 

5 Cari voucher belanja
Mulai sekarang, kamu harus lebih rajin mencari voucher belanja baik itu online atau offline. Biasanya voucher sering muncul melalui notifikasi dari aplikasi belanja online yang ada di smartphone atau tempat kamu berbelanja menjual voucher. Sobat juga bisa dengan mem-follow akun media sosial dari suatu Brand barang/jasa karena biasanya mereka sering membagikan voucher di media sosial.

 

Tips diatas bisa sobat ikutin bila ingin melakukan penghematan tapi tetap dapat berbelanja. Hemat bukan berarti pelit, tetapi cerdas dalam mengelola keuangan.

 

 

Sumber :

Kaskus.co.id

Cermati.id

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami