Pikiran Stuck? Coba Deh Makan Makanan Ini !
29 August 2019

 

Travel & Kuliner- Saat sedang bekerja atau melakukan tugas, apakah pernah sobat merasa buntu? Atau disaat sedang membutuhkan ide-ide baru, malah tidak bisa berpikir dan tidak dapat menemukan ide lainnya? Pasti bete kan? Apalagi buat sobat yang berada di lingkungan dengan membutuhkan kreatifitas yang tinggi setiap harinya, baik itu bekerja ataupun sekolah. Sudah deh, pasti makin bete. Padahal, sudah segala cara dilakukan untuk memunculkan ide baru dari mencari refrensi, refreshing, ataupun berdiskusi dengan orang namun tetap buntu.

 

Sedih sesaat boleh karena belum menemukan ide baru, karena jangan khawatir ada cara unik untuk mendapatkan ide baru. Percaya ga percaya , ada beberapa makanan tertentu yang  bisa membuat sobat mendapatkan ide baru, loh. Dilansir dari Kumparan, seorang profesor bernama Dr. Fernando Gomez-Pinilla dari Departemen Neurosurgery and Integrative Biology and Physiology di Universitas California mengatakan terdapat banyak penelitian yang membuktikan jika komponen makanan yang berbeda memiliki peran sangat kuat dalam fungsi kognitif, termasuk dalam berpikir kreatif.

 

Kepo kan? Kok bisa sih makan, membuat kita jadi lebih kreatif? Yuk, simak dulu daftar makanan yang katanya bisa membuat sobat lebih kreatif.

 

1.Karbohidrat

Sumber : Unsplash.com

 

Sebuah studi dari University of Toronto menemukan bahwa makanan yang kaya karbohidrat tertentu, seperti oatmeal, dapat memberikan suntikan glukosa ke otak dengan cepat . Saat sedang dalam kondisi tertekan atau dalam masalah, otak juga tentunya memerlukan energi berlebih. Dengan mengkonsumsi oat, aliran glukosa akan menjadi lebih stabil ke otak dan otak tetap bisa bekerja sepanjang hari.

 

2.Coklat

Sumber : Unsplash.com

 

Siapa yang tidak pernah makan cokelat? Hampir semuanya pernah memakan cokelat. Selain rasanya enak dan manis, ternyata kandungan flavanols di dalamnya mampu meningkatkan kemampuan kognitif jangka pendek dan suasana hati.

Flavanols merupakan bagian dari flavonoid. Zat ini ditemukan dalam jumlah yang cukup besar pada kakao dalam cokelat. Menurut studi dari University of Nottingham, cokelat juga berguna dalam meningkatkan fungsi otak karena telah terbukti meningkatkan jumlah oksigen yang mengalir ke otak.

Meskipun flavanols tidak selalu tersedia di semua coklat kemasan, tidak masalah memakan yang mengandung kakao setiap harinya. Disarankan juga, memilih coklat yang dark chocolate ya, bukan yang milk chocolate karena biasanya yang milk chocolate lebih banyak mengandung gula yang malah bisa membuat kinerja otak terganggu.

 

3.Buah-buahan

Sumber : Unsplash.com

 

Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal PubMed pada tahun 2015 menyebutkan jika orang dewasa yang mengonsumsi lebih banyak buah akan memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi dan kreatifitas lebih besar. Menurut Steve Jobs , orang di belakang produk Apple, sumber kreativitas datang dari diet buah yang tinggi.

Mengkonsumsi buah juga membuat tubuh kita lebih prima, loh sobat.

 

4.Kenari

Sumber : Unsplash.com

 

Kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan memori dan juga meningkatkan fungsi otak menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods For Human Nutrition. 

Jika seseorang tidak mencukupi asupan asam lemak omega-3 untuk tubuhnya, hal ini dikaitkan dengan depresi dan rendahnya tingkat senyawa ini dalam diet seseorang. Hal tersebut menyebabkan depresi dan menurunnya kemampuan kognitif.

Dalam studi tersebut, peneliti memberikan kenari pada satu kelompok tikus selama 28 hari dan membandingkan hasil mereka terhadap tikus yang tidak diberi makan kenari. Mereka menemukan ada peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran dan memori pada tikus yang mengkonsumsi kenari.

 

Bagaiamana? Apakah dari beberapa makanan tersebut sering menjadi cemilanmu ? Pasti ada juga yang menjadi favorit kan? Kalau Admin sih, demennya ngemil cokelat. Demikian makanan yang bisa membuat otak kamu aktif dan meningkatkan kinerja otak yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

 

 

Sumber :

kaskus.co.id

cnnindonesia.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami