Masih Buta Mengenai Investasi? Coba dimulai dari Artikel Ini!
02 August 2019

 

Keuangan - Sekarang ini, kebutuhan primer maupun tersier masyrakat semakin tinggi dan kompleks. Terkadang kita tidak dapat juga membedakan antara kebutuhan dan keinginan karena semakin pesatnya perkembangan zaman. Tuntutan yang tinggi atas kebutuhan dan keinginan pun tidak luput untuk terus meningkat. Dengan penghasilan yang telah dimiliki pun, tetap juga membuat sebagian masyarakat untuk terus mencari cara bagaiamana menambah penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.. Hal ini bukan hanya dirasakan oleh para orang tua, generasi millenials pun juga ikut merasakan dampak. Salah satu cara yang dapat sobat lakukan adalah dengan investasi.

 

Apa itu Investasi?
Investasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada saat ini, ada beberapa jenis investasi yang sedang populer di Indonesia diantaranya investasi logam mulia (Emas) , properti, deposito, reksa dana, P2P (peer to peer) landing. Sebelumnya, kita harus mengerti dulu arti dari investasi. Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan/proyek dengan tujuan mendapatkan keuntungan disebut investasi (KBBI). Pada intinya, investasi dilakukan untuk mendapatkan uang yang lebih besar atau melindungi aset kita.

 

Sumber : Unsplash.com
 

Kapan kita bisa mulai Investasi?
Sebagian orang ragu untuk memulai investasi karena menganggap membutuhkan modal yang “mahal” untuk melakukannya. Kalau sobat berpikiran seperti itu, sebenarnya salah. Kenyataannya, untuk melakukan investasi saat ini bisa dilakukan dengan modal dimulai dari Rp. 100,000 saja. Selain itu, untuk sobat ponta yang masih muda, sudah bisa untuk memulai investasi. Sebab usia muda adalah usia dimana seseorang sedang produktif-produktifnya dalam menghasilkan uang.

 

Seberapa pentingkah Investasi?
Penting atau tidaknya investasi tergantung dari setiap individu. Namun perlu diingat, investasi penting dilakukan apalagi jika dimulai sejak dini karena membantu sobat dalam mempersiapkan dan menrencanakan kebutuhan sobat di masa yang akan datang. Adapun alasan lain tentang pentingnya untuk ber-investasi adalah mendapatkan kebebasan finansial. Kebebasan finansial adalah kondisi dimana sobat tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan (pasif income) atau orang biasa menyebutnya “Biarkann uang yang bekerja untuk kita”. Alasan lainnya adalah mewujudkan impian jangka panjang, akumulasi kekayaan, dan juga mendisiplinkan diri untuk tidak membuang-buang uang atau hidup hedon.

 

Sumber : Unsplash.com

 

Bagaimana cara Ber-investasi?
Sekarang ini untuk melakukan investasi sudah cukup mudah dikarenakan hadirnya era digital mempermudahkan orang untuk ber-investasi atau menjadi investor. Banyak jenis dan cara yang ditawarkan oleh penyedia layanan investasi, namun sobat harus mempunyai tujuan dan memahami resiko sebelum memilih instrumen/jenis investasi. Pastikan sobat memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan untuk mewujudkan tujuan dan tidak kehilangan aset.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai investasi . Sobat masih ragu untuk melakukan investasi? Cobalah mulai berinvestasi sejak dini agar dapat memenuhi kebutuhan serta mewujudkan impian. Berhatil-hati sebelum memulai dan jadilah investor yang bijak agar tidak lari tujuan kita melakukan investasi.

 

Sumber :

modalrakyat.id

binus.ac.id

akun.biz

 

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami