Katanya "Sering Menggunakan Power Bank Berbahaya?" Coba Baca Dulu Disini !
05 August 2019

 

Teknologi - Di zaman ini, rata-rata masyarakat apalagi yang tinggal di perkotaan tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Hal ini terjadi bisa karena beberapa faktor seperti tuntutan pekerjaan yang harus standby, gaya hidup, atau memang bekerja harus menggunakan smartphone. Pada dasarnya semua karena memang tuntutan dari perkembangan zaman digital yang membuat smartphone sering dibutuhkan.

 

Akibat dari penggunaan smartphone yang cukup lama atau sering, pasti membutuhkan daya baterai yang banyak agar smartphone tetap bisa menyala. Dalam memecahkan masalah ini, solusi yang sering dilakukan salah satunya adalah menggunakan power bank. Perangkat pengisi daya baterai yang sifatnya portable atau bisa dibawa kemana-mana ini mampu membuat smartphone bisa terus menyala walaupun memiliki daya baterai juga. Selain itu, dengan menggunakan power bank kita tetap bisa menggunakannya sambil mengisi daya baterai saat sedang berada di outdoor/ tidak ada port listrik.

 

Sumber : gadgetsnow.com

 

Namun, dibalik manfaatnya yang sangat membantu, ada juga bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan power bank. Walaupun masih menjadi perbincangan, kita juga tetap harus tahu bahaya yang bisa ditimbulkan dari menggunakan power bank. Berikut ulasan mengenai bahaya dari penggunaan power bank.

 

1.Smartphone cepat panas

 

Sumber : media.suara.com


Pada umumnya saat kita menggunakan power bank, disaat yang bersamaan juga kita sering menggunakan smartphone. Alasannya bisa karena memang sedang ada urusan yang penting atau sedang asik bermain game online. Namun, tahukah kamu ini bisa berbahaya? Saat kita mengisi daya baterai dan sekaligus menggunakannya, itu berarti membuat baterai harus bekerja 2x. Akibatnya, baterai lebih cepat panas karena terlalu dipaksakan. Hal ini juga terjadi dikarenakan listrik yang dihasilkan dari power bank tidak stabil.

 

2.Smartphone lebih cepat rusak.
Banyak kerusakan yang bisa ditimbulkan dari seringnya menggunakan power bank seperti kerusakan pada baterai dan port usb. Baterai akan lebih cepat rusak karena seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, baterai dipaksa bekerja 2x dan listrik yang dihasilkan tidak stabil. Saat kita menggunakan power bank kita tanpa sadar membuat kabel yang tersambung di port usb sering terguncang karena kita sambil menggunakan smartphone juga. Akibat dari guncangan ini, bisa membuat port usb menjadi longgar.

 

Sumber : http://smartphone-battery.com


3.Smartphone bisa meledak
Sobat pernah mendengar kasus “Smartphone meledak” atau “Power bank meledak” ? Pastinnya pernah dong ya, dan terkadang tidak percaya dengan hal tersebut. Namun itu memang benar bisa terjadi. Karena listik yang dihasilkan dari power bank tidak stabil, bisa mengakibatkan korsleting pada smartphone. Penyebab lainnya adalah overcharging (kelebihan daya). Kebiasaan kita menggunakan power bank sering lupa untuk mencabut kalau sudah terisi penuh.

 

Sudah tahukan bahaya yang bisa ditimbulkan dari menggunakan power bank ? Nah, mulai sekarang lebih berhati-hati dalam menggunakan power bank ya Sobat. Alangkah lebih baik jika kamu mengisi daya langsung dari port listrik karena listirk yang dihasilkan lebih stabil.

 

 

Sumber :

wahanarupa.com

boombastis.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Spesial Promo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia: Diskon 50% hanya di Snowbay
16 Aug 2019
Tips Belanja Banyak Tanpa Harus Kantong Jebol
16 Aug 2019
Hindari Kalimat berikut Saat berada di Kantor Karena Berbahaya!
15 Aug 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami