Jerawatan ? Jangan Panik, ikutin tips dari Ponta untuk membasminya!
10 July 2019

 

Kesehatan - Hampir setiap orang pernah mempunyai masalah dengan yang namanya jerawat. Dikutip dari docdoc.com, Jerawat merupakan kondisi yang terjadi dimana kulit muncul benjolan merah meradang dan bersisik pada permukaan kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada umur 10-13 tahun atau masa puber. Baik wanita atau pria bisa mengalami kondisi ini dan bisa memburuk pada orang yang memiliki kulit minyak berlebih. Namun, timbulnya jerawat biasanya akan menurun setelah 10 tahun atau pada awal 20 tahun untuk sebagian orang tergantung hormon yang dimiliki dan perawatan pada kulit.

 

Penyebab timbulnya jerawat yang dikutip dari berbagai sumber ada berbagai macam. Diantaranya ada karena faktor genetik, makanan , psikis(emosi), iklim, infeksi bakteri, kosmetik, ataupu bahan kimia lainnya. Semua faktor tersebut memungkinkan untuk semua orang bisa mengalami jerawat.

 

 

Namun walau jerawatan, sobat masih bisa mengatasi atau menghilangkan jerawat serta bekasnya dengan mudah, tanpa harus ke dokter. Berikut ini tips dari Ponta untuk mengatasi atau menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

 

1.Cuka sari apel

 

Sumber : Unsplash.com

 

Sobat mungkin sering mendengar kalo cuka apel baik digunakan untuk perawatan wajah. Kandungan alami yaitu asam malat berfungsi sebagai antiseptik alami untuk membantuk membunuh bakteri dan jamur pada wajah. Bukan hanya itu saja kandungan tersebut mampu membantu produksi sebum untuk wajah. Caranya, sobat cukup ambil 1 - 2 sendok cuka apel kemudian oleskan menggunakan kapas yang sudah di-sterilkan ke bagian wajah atau kulit yang berjerawat. Setelah itu diamkan selama 2 - 4 menit kemudian bilas dengan air hangat.

 

2.Bawang Putih
Zat sulfur yang ada di dalam bawang putih dipercaya mampu mempercepat proses menghilangkan jerawat dengan cepat. Di dalam bawang putih juga terkandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan antiseptik yang dapat menghilangkan peradangan kulit. Dengan bawang putih, sobat cukup dengan mengambil 1 siung bawang putih kemudian potong-potong sampai beberapa bagian. Tempel dan gosok potongan tersebut ke bagian jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

 

3.Putih Telur
Kandungan di dalam putih telur mampu membuat sel bakteri penyebab jerawat hancur. Sobat cukup pisahkan putih telur dari kuningnya terlebih dahulu. Kemudian kocok sampai mengembang. Sobat bisa mencampurkan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis. Setelah itu oleskan ke bagian wajah secara merata. Diamkan selama 15-25 menit dan bilas menggunakan air hangat.

 

4.Lidah Buaya

 

Sumber : Unsplash.com

 

Lidah buaya mengandung polifenol yang mampu menghilangkan jerawat secara ampuh. Caranya mudah sekali, iriskan lidah buaya untuk mengeluarkan bagian dagingnya. Haluskan hingga membentuk gel dan oleskan ke wajah hingga berbentuk masker. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

 

5.Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, mengandung vitamin A, B, C serta asam amino dan antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara alami. Sobat cukup iriskan mentimun tipis-tipis. Kemudian letakkan di bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

 

6.Kulit Jeruk
Kandungan di dalam kulit jeruk hampir sama dengan mentimun, yaitu memiliki vitamin A , C, serta antioksidan yang tinggi juga. Oleh sebab itu, kulit jeruk mampu membasmi jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan bahkan menghilangkan noda bekas jerawat. Kulit Jeruk jangan kamu buang, keringkan di panas matahari. Setelah itu tumbuk hingga halus. Campurkan air sedikit dan oleskan ke jerawat atau seluruh wajah. Tunggu 15-20 menit dan bilas dengan air.

 

7.Madu

 

Sumber : Unsplash.com

 

Selanjutnya adalah madu. Sobat bisa menggunakan madu alami untuk membersihkan wajah dari jerawat. Di dalam madu terkandung antibakterial yang dapat membantu menyembuhkan luka atau bekas luka. Ambil 1-2 sendok madu, kemudian hangatkan. Setelah itu oleskan ke bagian wajah sehingga membentuk masker. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

 

8.Pepaya
Di dalam buah pepaya terkandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mencerahkan wajah yang kusam. Caranya, potong pepaya yang sudah matang secukupnya dan haluskan hingga menjadi bubur. Kemudian oleskan ke bagian yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan air. Sobat bisa menambahkan lemon dan madu juga untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

9.Tomat
Sama halnya dengan kulit jeruk, tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Cara menggunakan tomat cukup ambil 1 buah tomat kemudian dibagi 2. Oleska potongan tersebut ke wajah. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

 

Sumber : Unsplash.com


Demikian tips untuk membersihkan jerawat dari Ponta. Sobat tidak perlu repot-repot untuk menggunakan sabun muka atau obat-obatan cukup dengan bahan-bahan alami saja. Dengan memilih bahan-bahan di atas dan melakukannya rutin, jerawat yang sulit dihilangkan akan jadi lebih mudah nantinya. Selamat mencoba ya Sobat !

 

 

Sumber : 

repository.usu.ac.id

doktersehat.com

www.docdoc.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Spesial Promo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia: Diskon 50% hanya di Snowbay
16 Aug 2019
Tips Belanja Banyak Tanpa Harus Kantong Jebol
16 Aug 2019
Hindari Kalimat berikut Saat berada di Kantor Karena Berbahaya!
15 Aug 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami