Jangan Lagi Berpikir Kalau Headphone, Headset, Earphone atau Handsfree Itu Sama!
27 August 2019

 

Teknologi - Aksesoris untuk smartphone atau pc yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat, bukan? Yap, kebanyakan kita menyebutnya sebagai headset atau earphone, ada juga yang menyebut dengan headphone dan juga handsfree. Sebagian dari kita pasti beranggapan apapun penyebutannya, fungsi sama saja yaitu bisa untuk mendengarkan suara dari gadget kita. Namun, antara headset, earphone, headphone, handsfree ternyata memiliki perbedaan, loh.

 

Headphone , earphone, handsfree, atau headset memiliki perbedaan yang terkadang membuat kita salah menggunakannya atau merasa tidak sesuai kebutuhan kita karena ternyata salah penyebutan saat membelinya. Admin ingin memberi informasi tentang perbedaan dari masing-masing perangkat audio tersebut, agar sobat tidak salah lagi nanti saat menggunakannya ya. Yuk disimak ya, biar paham. Ok? ok!

 

1.Headphone

Sumber : Unsplash.com

 

Perangkat audio yang satu ini memiliki dua ukuran, full size / over ear headphone dan one ear headphone. Headphone memiliki fungsi utama yaitu untuk mendengarkan audio, maka dari itu perangkat ini tidak dilengkapin dengan microphone. Kualitas audio yang dihasilkan lebih bagus dari perangkat yeadseang lain karena memang fungsi utamanya itu. Biasanya orang-orang menggunakan headphone untuk mendengarkan musik atau menonton video dan mengedit video atau mengedit audio.

 

2.Headset

Sumber : Unsplash.com

 

Headset hampir sama bentuknya dengan headphone, hanya saja headset dilengkapin dengan microphone. Headset memiliki 2 jack untuk input audio dan output audio, namun seiring dengan perkembangan gadget dibuat lebih simple dengan 1 jack dan juga ada yang bisa menggunakan bluetooth. Perangkat ini biasa digunakan para gamer untuk bermain game online atau LAN dan biasa digunakan untuk melakukan video call.

 

3.Earphone

Sumber : Unsplash.com

 

Perangkat yang satu ini ukurannya lebih kecil dari headset atau heaphone, tetapi dilengkapi juga dengan microphone. Earphone memiliki 2 jenis yaitu in-ear monitor dan earbud. Earphone lebih simple dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Penggunaanya juga bisa untuk smartphone atau pun pc/laptop.

 

4.Handsfree

Sumber : amazon.com

 

Sama halnya dengan earphone, ukurannya lebih kecil namun biasanya ada yang nirkabel (tanpa kabel). Selain itu, handsfree dilengkapi dengan tombol seperti pengatur volume suara dan tombol untuk dapat menerima panggilan. Saat ini, handsfree juga sudah ada yang dapat tersambung dengan menggunakan bluetooth juga.

 

Bagaimana? Sudah paham kan bedanya? Jadi, sobat jangan sampai bingung atau salah dalam menggunakannya ya. Pada intinya, semua bisa untuk mendengarkan audio dan tergantung dari sobat lebih nyaman menggunakan yang mana untuk keseharian.

 

 

Sumber :

brilio.net

wellcommshop.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami