Hindari Kalimat berikut Saat berada di Kantor Karena Berbahaya!
15 August 2019

 

Hobi & Gaya Hidup - Saat kamu bekerja, pernahkah kamu merasa tidak nyaman karena lingkungan pekerjaannya? Apalagi sampai membuat sobat ingin berangkat kerja aja sudah merasa tidak semangat. Kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa memberikan hasil maksimal kalau lingkungan kerja sudah tidak mendukung.

 

Banyak faktor yang membuat lingkungan bekerja menjadi tidak nyaman, salah satunya adalah komunikasi yang kurang baik. Setiap struktur yang ada di sebuah lingkungan pekerjaan haruslah memiliki komunikasi yang baik dalam arti lain juga harus berhati-hati dalam bebicara. Dalam bekerja pasti sering ada konflik yang dapat membuat seseorang mengeluarkan kata-kata yang kurang berkenan atau kalimat yang menunjukkan kualitas seseorang itu rendah. Kalau sudah mengeluarkan kata-kata yang kurang baik, pastinya kinerja juga belum tentu langsung membaik, bisa saja menjadi lebih buruk.

Sumber : Unsplash.com

Berikut ini adalah beberapa kata atau kalimat yang seharusnya tidak boleh diucapkan di lingkungan kantor.

 

1.“Saya tidak bisa, pekerjaan saya banyak”
Kalau seseorang sudah menyebutkan kalimat seperti ini, bersiap-siaplah di cap “pemalas” atau “tidak bisa diandalkan”. Kalimat ini juga menunjukkan bahwa daya juang yang dimiliki oleh orang tersebut rendah dan pastinya kepercayaan dari atasan kepadanya berkurang. Hindari kalimat ini bila ingin membuat lingkungan menjadi positif.

 

2.“Bego banget sih, gitu aja ga bisa !!”
Mengumpat atau berkata kasar sudah jelas hal yang tidak boleh dikatakan dimana saja. Sekesal-kesalnya kita kepada partner kerja atau bawahan kita, cobalah untuk menahan emosi dan jangan sampai berkata seperti ini. Selain bisa menimbulkan konflik, bisa juga membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dan seseorang menjadi malas karena tidak merasa dihargai. Hargain setiap kinerja orang lain, karena kita pun pasti ingin dihargain dan membutuhkan bantuan orang lain.

 

3.“Pokoknya saya mau begini, yang begitu ga bagus”
Terlalu egois dan mempertahankan pendapat mati-matian juga harus dihindari. Biasakanlah untuk lebih mendengar pendapat orang lain dan menampung ide-ide. Jangan pernah menganggap diri anda yang paling baik. Dampakanya bisa membuat kerja sama tim menjadi rusak dan sobat akan mendapatkan cap buruk atau “keras kepala”. Bersikaplah lebih bijak dan menghormati rekan sesama untuk memajukan perusahaan bersama-sama.

Sumber : Unsplash.com

 

4.“Maaf, untuk report-nya agak sedikit telat dari yang dijanjikan”
Jangan biasakan untuk memberikan janji yang tidak bisa ditepati, karena itu bisa merugikan orang lain. Selain itu, bila suka mengingkari janji, kredibilitas sebagai seorang pekerja akan menurun. Berbicaralah sesuai dengan fakta dan kemampuan sobat, bukan karena ingin menyenangkan atasan atau rekan kerja lainnya.


5.“Saya tidak mau bekerja bersama dia, saya bisa sendiri!”
Tidak ada manusia yang tidak membutuhkan bantuan dari orang lain, karena manusia adalah mahluk sosial. Kalimat itu biasa terucap bila ada konflik antara satu orang dengan yang lainnnya atau lebih yang belum selesai. Akibatnya, kerjaan bisa tertunda lebih lama dan lingkungan bekerja menjadi tidak kondusif.

 

Ada pepatah mengatakan “Mulutmu adalah Harimaumu” yang artinya berhati-hatilah dengan ucapan yang keluar dari mulutmu karena bisa suatu saat omonganmu malah “menyerangmu”. Belajarlah untuk lebih mengendalikan diri ya sobat, selain baik bagi diri sendiri baik juga untuk membangun lingkungan pekerjaan yang lebih mendukung.

 

 

Sumber :

today.line.me

karier.kompas.id

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami