Belum Punya NPWP ? Begini Cara Daftar Secara Online
24 July 2019

Keuangan - Sobat ponta sudah mempunyai NPWP belum? Kalo memang kamu ngakunya taat peraturan negara seharusnya seharusnya sudah punya. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan sebagai tanda pengenal wajib pajak di Indonesia. Ini wajib dimiliki oleh warga Indonesia, baik itu per-orangan ataupun badan usaha.

 

NPWP merupakan sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak setiap pemiliknya dan juga menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum, seperti pengajuan kartu kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.

 

Bagi kamu yang belum memiliki NPWP, sekarang sudah bisa mendaftar secara online. Walaupun kamu belum bekerja atau sedang mencari, kamu tetap harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, karena nantinya saat sobat diterima bekerja pasti diminta untuk melampirkan NPWP dan memberikan kesan positif. Kamu bisa ikutin cara berikut ini untuk medaftarkan NPWP secara online :

 

1.Kunjungi Situs Pajak & Daftar
Sobat dapat langsung mengunjungi situs Dirjen Pajak di www.pajak.go.id atau https://ereg.pajak.go.id/login untuk langsung mengakses halaman pendaftaran dan pilih menu e-registration kemudian klik “daftar. Nantinya akan muncul form pendaftaran untuk mendapatkan akun login. Isi data dengan benar seperti nama, email, password, dll.

 

2.Aktivasi Akun
Lakukan aktivasi akun setelah berhasil mendaftar. Buka kotak masuk email yang sobat daftarkan dan buka pesan aktivasi dari Dirjen Pajak. Ikuti petunjuk yang tertera untuk aktivasi NPWP online.

 

3.Isi Formulir Pendaftaran

 

Sumber : freepik.com

 

Setelah berhasil aktivasi akun, lakukan login ke menu e-registration dengan memasukkan email dan password yang anda daftarkan. Bila login berhasil, sobat akan masuk ke halaman Registrasi Data Wajib untuk membuat NPWP. Isi semua kolom yang tersedia dengan benar dan teliti. Jika berhasil, sobat akan mendapatkan surat keterangan daftar sementara.

 

4.Kirim Formulir Pendaftaran dan Cetak Dokumen
Setelah formulir pendaftaran diisi dengan lengkap, klik “daftar” untuk mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak ke Kantor Pelayanan Pajak. Sobat juga harus mencetak Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Daftar Sementara.

 

5.Tanda Tangani dan Lengkapin Dokumen
Tanda tangan Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Daftar Sementara yang sudah dicetak. Kemudian satukan dengan dokumen kelengkapan lain dan kirimkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat sobat sebagai Wajib Pajak Terdaftar. Berkas juga dapat diserahkan langsung dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak. Mohon diperhatikan, pengiriman berkas harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik. Bila tidak ingin repot melakukan pengiriman, sobat bisa scan dokumen-dokumennya dan upload dalam bentuk .pdf atau .img melalui e-registration.

 

6.Cek Status dan Tunggu Kartu Fisik NPWP
Setelah semuanya sobat lakukan, segera periksa status pendaftaran NPWP sobat melalui email atau halaman history pendaftaran di dalam aplikasi e-registration. Kalau pendaftaran ditolak, segera perbaiki dan lengkapin data yang sobat lampirkan. Jika sudah disetujui, kartu NPWP sobat akan dikirimkan segera ke alamat tempat tinggal kamu melalui pos.

 

Demikian langkah-langkah untuk mendaftarkan Wajib Pajak dan mendapatkan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak. Segera daftarkan dirimu, karena bisa-bisa sobat nanti dikenakan sanksi pajak lebih tinggi dari tarif normal. Salah satu tindakan taat aturan dan warga negara yang baik adalah dengan membayar Wajib Pajak.

 

Sumber :

cermati.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami