Batuk? Coba Ikutin Tips Berikut Untuk Cepat Sembuh!
31 August 2019

 

Kesehatan - Setiap orang pasti pernah mengalami batuk, baik itu batuk berdahak atau batuk kering. Apalagi jika batuk sampai berhari-hari dan sering terjadi di malam hari, tidur pun jadi terganggu. Padahal, malam hari itu mungkin satu-satunya waktu kita untuk beristirahat setelah bera ktivitas seharian. Admin paham kok rasanya di situasi seperti itu, pasti bete banget.

 

Batuk yang terus menerus, bisa terjadi karena udara dalam kamar yang kotor, merokok, kurangnya minum air putih, dan masih ada beberapa lainnya sehingga membuat saluran pernapasan iritasi ataupun infeksi. Selain itu, penyakit asam lambung (GERD) juga bisa menjadi penyebab sobat batuk terus menerus.

 

 

Sumber : alodokter.com

 

Kalau batuk tak kunjung sembuh sampai beberapa minggu walau sudah meminum obat, perlu untuk sobat perhatikan ya. Kenapa? Menurut kaidah medis, batuk yang berlangsung cukup lama sampai satu bulan lebih baik dewasa atau anak-anak disebut batuk kronis. Batuk kronis bukanlah penyakit, melainkan gejala dari gangguan kesehatan atau penyakit yang mendasarinya.

 

Sebelum menjadi batuk kronis, admin ada tips nih untuk mengobati batuk secara alami dan cepat di saat masih batuk ringan. Tips berikut ini admin dapatkan dari berbagai sumber dan pengalaman. Yuk, dibaca dulu ya!

 

1.Minum teh herbal dengan madu

Hal ini dilakukan untuk melegakan tenggorokan, mengurangi iritasi, dan juga dapat mengencerkan lendir yang ada di saluran pernapasan. Meminum air putih hangat juga dapat mengurangi batuk, lebih baik lagi selalu disediakan di dekat tempat tidur.

Dianjurkan selama batuk, tidak meminum kafein terlebih dahulu agar tidur sobat lebih cepat dan tidak terganggu.

 

2.Mengatur pola makan

Pola makan juga mempengaruhi bagi sobat yang mempunyai asam lambung. Hindari makan dan minuman pemicu asam lambung seperti makanan pedes, asam, mint, dan cokelat. Seperti yang telah disebutkakan sebelumnya, asam lambung juga menjadi pemicu batuk.

Hindarin juga untuk sementara memakan makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan dan bakar-bakaran.

 

3.Mengatur pola tidur

Sumber : unsplash.com

 

Atur pola tidur sobat agar bisa mengistirahatkan tubuh. Kurangin juga tidur larut malam karena dapat membuat imun tubuh semakin melemah. Disarankan juga saat tidur, mengatur bantal agar lebih tinggi, karena gravitasi menyebabkan lendir menumpuk di tenggorokan sehingga sering mengalami batuk di malam hari..

 

4.Menjaga kebersihan untuk mengurangi alergen

Mengurangi alergen juga dapat membantu mengurangi batuk. Alergen atau pemicu alergi seperti debu, jamur, bulu peliharaan, dll. Jaga juga kelembapan udara untuk membantu melancarkan saluran pernapasan. Cara lain untuk mengurangi alergen adalah rutin membersihkan tempat tidur dan mandi air hangat sebelum tidur.

 

5.Berhenti merokok

Hentikan untuk merokok dan hindari juga lingkungan perokok. Merokok dapat menyebabkan batuk kronis yang dapat membuat sobat batuk sepanjang hari termasuk di saat sobat tidur, dikarenakan asap mengendap di paru-paru.

 

6.Mengkonsumsi obat pereda batuk

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat membuat batuk lebih cepat hilang. Ada banyak jenis obat yang bisa digunakan seperti obat sirup, tablet, atau pun juga dihirup. Obat-obatan tersebut berfungsi untuk mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan dan juga menekan rangsangan batuk. Mohon dibaca juga aturan cara pakai obat-obatan tersebut ya sobat.

 

Nah, itu dia tips-tips yang bisa sobat lakukan disaat batuk melanda. Tidak terlalu sulit bukan? Apabila masih belum sembuh juga sampai berbulan-bulan, langsung segera cek diri sobat ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

 

 

Sumber :

alodokter.com

liputan6.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami