8 Kebiasaan yang Membuat Kamu Boros
11 August 2019


Hobi & Gaya - Sobat pernah merasa bingung ga sih? Saat ngecek dompet atau rekening merasa duit berkurang banyak tapi tidak ada barang yang kelihatan dibeli. Padahal beberapa hari yang lalu masih banyak duit di dalam dompet atau rekening sobat. Dalam hati berkata “Kok gue boros banget ya?”

 

Tanpa sobat sadari, ternyata ada beberapa kebiasaan sobat yang dapat menyebabkannya. Beberapa kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang kecil atau sering dilakukan. Kebiasaan yang seperti ini jika dilakukan sementara memang tidak akan terasa, namun bila sudah berlangsung lama dampaknya adalah pemborosan untuk keuangan sobat. Kenapa ini penting ? Agar kehidupan sobat bisa lebih membaik di masa mendatang.

 

Maka dari itu, Ponta ingin memberikan pembasahan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan sobat itu menjadi boros. Sobat silahkan cek, apakah masih ada kebiasaan berikut yang masih menempel di lifestyle sobat.

 

Berikut 8 kebiasaan yang membuat kamu boros :

1.Air minum kemasan

 

Sumber : Unplash.com

Sobat tipe orang yang lebih memilih membeli air minum kemasan daripada membawa minum dari rumah ? Mulai sekarang coba di kurangi atau dihentikan ya. Kebiasaan tersebut termasuk pemborosan, loh ternyata.Coba Anda bayangkan, jika Anda harus membeli air minum dengan harga Rp 5000 per botol setiap hari. Maka dalam satu bulan biaya yang harus Anda keluarkan sebanyak Rp 150.000. Dan dalam setahun menjadi Rp 1.800.000.
Air minum atau air putih memang penting, setiap orang harus mengkonsumsi minimal 2Liter perhari. Alangkah baiknya daripada membeli air minum kemasan, sobat membeli galon air untuk disediakan dirumah. Jika ingin keluar rumah, gunakan tempat air minum yang bisa dibawa agar tidak membeli lagi diluar.

 

2.Terlalu sering Jajan dengan Promo/Diskon

Sumber : Unspslash.com

Sekarang ini kita sangat mudah sekali melihat iklan-iklan diskonan hampirdi setiap tempat makan atau belanja lainnya. Diskon yang diberikan juga tidak tanggung-tanggung bisa mencapai 50% atau 100%. Dengan penawaran tersebut, siapa sih yang tidak tergiur untuk membeli padahal sebenarnya tidak terlalu membutuhkan.
Nah, disaat sudah tergiur dan membeli, maka bisa dipastikan pengeluaran semakin boros dan tidak teratur. Apalagi jika hal tersebut sering dilakukan. Memang tidak ada salahnya ketika Sobat kepincut dengan produk yang sedang diskon besar-besaran.
Sobat harus bisa mempertimbangkan untuk hal ini ya. Jika memang barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan lebih baik jangan dibeli.

 

3. Aplikasi berbayar

 

Sumber : Unsplash.com

Kamu pernah membeli/berlangganan aplikasi ? seperti membeli langganan TV kabel atau membeli aplikasi agar mendapat semua fitur-fiturnya? Coba dimulai dari sekarang berhenti membeli/berlangganan ya sobat. Sistem berlangganan ini memberikan tagihan otomatis kepada sobat dan mau tidak mau langsung membayar.
Sekarang masih banyak kok solusi untuk menonton gratis seperti streaming online atau bila ingin menggunakan aplikasi yang fiturnya bagus masih ada beberapa pilihan aplkasi. Sobat harus lebih baik lagi untuk memilih apa yang dibutuhkan ya.

 

4.Rokok

 

Sumber : Unsplash.com

Mungin untuk kebiasaan yang satu ini tidak perlu dijelasin lagi, karena hampir semuanya sudah mengetahuinya kalo rokok adalah pemborosan. Bagi sobat yang menjadi perokok aktif, cobalah untuk berhenti secara perlahan, bukan hanya karena pemborosan saja tetapi juga demi menjaga kesehatan.

 

5.Kartu Kredit

Sumber : Unsplash.com

Kebiasaan yang juga bisa menyebabkan pemborosan lainnya adalah menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memang memudahkan kita untuk berbelanja, apalagi bila ingin berbelanja dalam jumlah yang besar. Tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak, hanya tinggal memberikan satu kartu transaksi langsung berhasil. Penggunaan tak terkendali menyebabkan juga tagihan yang tidak dapat dikendalikan
Menggunakan kartu kredit ada baiknya juga bila diikuti dengan pola pemakaian yang teratur dan masih mampu membayar. Jika digunakan untuk yang bermanfaat dan bisa menghasilkan uang juga menjadi lebih baik.

 

6.Membeli Barang Branded

 

Sumber : Unsplash.com 

Kebiasaan membeli barang branded atau bermerek merupakan pemborosan juga. Orang-orang menganggap barang bermerek memiliki kualitas yang lebih baik dari yang tidak bermerek. Kalau dari segi kualitas mungkin sudah tidak perlu diragukan, namun kalau terus harus membeli yang bermerek sudah pasti tagihan ikut membengkak.
Cobalah untuk mulai melihat barang yang tidak bermerek tetapi memiliki kualitsa yang hampir sama. Sekarang banyak produsen barang-barang bersaing untuk memberikan kualitas yang lebih baik.

 

7.Gonta Ganti Gadget

Sumber : Unsplash.com

Membeli gadget yang terbaru terlalu sering juga merupakan tindakan yang jika dilakukan berulang-ulang akan membuat sobat menjadi boros atau juga miskin. Mulai hentikan dari sekarang kebiasaan ini. Kamu tidak harus selalu mengikuti perkembangan hanya karena tuntutan sosialitas. Kalau gadget kamu tidak mengalamin masalah, kenapa harus ganti baru ?

 

8.Nongkrong

Sumber : Unsplash.com

Nongkrong memang banyak manfaatnya, selain membuat pikiran lebih tenang dan segar juga bisa membuat hubungan sosial kita menjadi lebih baik. Namun apabila dilakukan terus menerus, bukan membuat manfaatnya semakin baik tapi menimbulkan kerugian juga loh sobat. Kamu akan menjadi boros. Kenapa jadi boros? Coba saja kamu bayangkan, untuk sekali nongkrong kamu bisa saja menghabiskan uang minimal 50rb. Jika kamu lakukan seminggu penuh, kamu bisa menghabiskan 350rb hanya untuk jajan saat nongkrong. Mending uangnya buat kamu tabung bukan?

 

Demikian 8 kebiasaan yang bisa membuat kamu menjadi boros versi Ponta. Kalau kamu ingin keuangan kamu membaik, sebaiknya kamu mulai berhenti pelan-pelan melakukan kebiasaan itu ya Sobat.

 

 

Sumber :

cermati.com

Indozone.id

 

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami