5 Tips Untuk Sobat yang Ingin Menabung Demi Liburan
24 July 2019

Keuangan - Kamu jenuh dengan rutinitas yang itu-itu saja? Kerja-nongkrong kerja-nongkrong atau kuliah-nongkrong kuliah-nongkrong? Mungkin kamu harus coba menyegarkan pikiran kamu dengan pergi liburan. Liburan tidak harus yang mahal sampai harus melakukan pinjaman “kilat” dsb. Mulailah dari menabung pelan-pelan, maka tujuan untuk liburan Sobat akan terwujud. Kita kasih kamu tips nih bagaimana caranya menabung deh.

 

Pertama, apakah kamu sering makan siang diluar? Cobalah untuk mulai masak makanan dirumah. Makanan yang kamu masak sendiri lebih sehat dan hemat dikantong loh Sobat karena bahan-bahannya dapat kamu gunakan untuk masakan selanjutnya. Kamu bisa masak dimalam sebelumnya apabila kamu tidak memiliki waktu yang banyak.

 

Kedua, kurangi kebiasaan untuk minum kopi. Tidak heran kalau pengeluaran kamu meledak karena kamu sering beli kopi setiap harinya. Coba minum air putih yang banyak, selain sehat bagi tubuh air putih juga dapat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran loh Sobat. Kopi bukanlah suatu kebutuhan kamu bisa mengatasi ngantuk kamu dengan mengatur pola tidur sehingga kamu tidak membutuhkan kopi untuk menjalani hari mu.

 

Sumber : Unsplash.com

 

Ketiga, kamu harus bisa membedakan hal apa saja yang kamu butuhkan dan kamu inginkan sehingga pengeluaranmu tetap terjaga. Hindari membeli barang-barang yang menurut kamu “kayaknya akan berguna deh” atau “kayaknya aku butuh deh”. Tidak, kamu harus bisa mengatakan kepada dirimu kalau kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Kamu harus berpikir jangka panjang ketika memilih barang yang akan dibeli, kegunaannya dan seberapa mendesak kamu membutuhkan barang tersebut sampai harus membelinya.

 

Keempat, berusahalah untuk mencatat semua pengeluaran kamu sekecil apapun itu. Dengan mencatat pengeluaran, kamu tidak akan bingung uangmu habis kemana dan kamu bisa mengelola keuangan kamu. Usahakan jangan lupa untuk mencatat sehingga ketika kamu merasa uangmu habis, kamu tahu uangnya kamu gunakan untuk apa.

 

Kelima, kamu harus pintar untuk memanfaatkan situasi. Kamu harus lebih aware dengan promo-promo yang sedang berlangsung. Bisa saja promo tersebut dapat membantu kamu menjaga keuangan kamu Sobat. Jangan malu untuk mengikuti promo spesial, kalau kamu bisa mendapatkan produk atau jasa berkualitas bagus dengan harga yang pas dikantong, kenapa harus malu?

 

Menabung itu tidak susah, yang susah itu adalah mengumpulkan niat untuk menabungnya Sobat. Kalo Sobat pernah dengar pepatah “Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit” seperti itulah menabung. Tidak perlu banyak-banyak menyisihkan uangmu untuk menabung, pelan-pelan saja walaupun sedikit nantinya tidak akan terasa sudah terkumpul banyak. Kunci dari semuanya itu adalah kesabaran dan kemauan yang besar.

 

 

Sumber :

cermati.com

Pengalaman Pribadi Admin

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami