5 Fakta Menarik tentang Boba yang jarang diketahui! Pasti Kamu Terkedjoet!
09 August 2019

 

Travel & Kuliner - Sekarang ini sedang menjamur minuman yang membuat orang-orang rela mengantri panjang untuk mendapatkannya. Yapss, bubble tea. Minuman khas asal Taiwan ini menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk saat ini, baik dari anak kecil sampai orang dewasa. Berbahan dasar teh, susu, gula, es, yang dicampur bola-bola berwarna hitam dijual di berbagai gerai dengan nama yang berbeda-beda.

 

Namun, apakah kamu sudah mengetahui fakta-fakta menarik dari minuman yang sedang digemari ini? Nah, Ponta akan memberikan kamu fakta-fakta yang mungkin jarang diketahui. Yuk simak dibawah ini ya sobat.

 

1.Memiliki Banyak Nama

Summber : Unsplash.com


Kamu sering berdebat dengan teman atau adik mengenai nama ini? Tenang, tidak ada yang salah kok. Minuman ini memang memiliki banyak nama selain bubble tea, minuman ini juga disebut panggilan lain seperti milk tea, pearl tea, tapioca tea, boba tea, boba nai cha, foam milk tea, momi milk tea, Q (yang berarti kenyal di bahasa China), dan banyak lagi.

 

2.Sudah ada sejak tahun 1980-an

Sumber : beritasatu.com


Minuman ini ditemukan oleh seorang bernama Lin Hsui Hui. Beliau adalah seorang manager di gerai teh bernama Chun Sui Tang Tea House, Taiwan. Dia menemukannya dengan tidak sengaja mencampur sisa tapioca pearls (boba) yang biasa disajikan sebagai makanan penutup di kedai teh tempat dia bekerja dan banyak yang menyukainya. Semenjak saat itu, mereka menjualnya dan selalu habis.

 

3.Bubble bukan Boba
Kata bubble didapat bukan dari bola-bola hitam atau boba yang ada di dalam minuman ini, melainkan dari busa-busa yang ada di atasnya. Busa-busa ini muncul karena memang saat membuatnya dikocok/diaduk sehingga memunculkan busa-bus di dalamnya.

 

4.Bisa dibuat dirumah

Sumber : tokopedia.net


Semakin terkenal minuman ini otomatis juga membuat harganya semakin naik. Kamu tidak perlu bingung walau harganya semakin mahal, kamu bisa membuatnya sendiri kok sobat. Sebab, boba yang ada di dalamnya sudah dijual di supermarket. Sehingga kamu tinggal mencampurkan ke dalam teh. Kalau sobat ingin membuat boba sendiri juga gampang. Bahan dasarnya cuma terdiri dari tepung tapioka, gula merah dan air panas. Cara mengolahnya adalah dengan cara memanaskan air panas dan gula lalu mencampurkan tepung tapioka. Ulangi hingga berubah menjadi adonan lalu rebus hingga konsistensinya kenyal dan berwarna transparan.

 

5.Mengandung kalori yang tinggi

Sumber : amazonaws.com


Minuman ini memang enak dan mampu menghilangkan dahaga sobat, tapi disarankan jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Tanpa menggunakan boba, teh itu sendiri dapat mengandung satu ton gula dan rasa buatan. Selain itu, seperempat cangkir bubble menambah lebih dari 100 kalori. Bahkan bisa menambah dengan mudah hingga 300 kalori.
Minuman ini memiliki karbohidrat kosong, rendah vitamin dan rendah mineral, sehingga bisa menimbulkan sembelit.

 

Itu fakta-fakta menarik mengenai Boba yang telahh dikumpulkan dari beberapa sumber. Nah, Bagaimana menarik bukan? Apalagi kamu sekarang sudah mengetahui cara membuatnya sendiri, jadi tidak perlu mengantri lama-lama untuk mendapatkannya.

 

 

Sumber : 

food.detik.com

Kumparan.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Spesial Promo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia: Diskon 50% hanya di Snowbay
16 Aug 2019
Tips Belanja Banyak Tanpa Harus Kantong Jebol
16 Aug 2019
Hindari Kalimat berikut Saat berada di Kantor Karena Berbahaya!
15 Aug 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami