5 Destinasi Wisata di Papua yang Menjadi Surga Bagian Timur Indonesia
22 August 2019

 

Travel & Kuliner - Papua merupakan provinsi terluas Indonesia yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Papua atau bisa dibilang bagian paling timur wilayah Indonesia. Papua berbatasan dengan Negara Papua Nugini. Nama lain dari Provinsi ini adalah Irian Jaya, dengan ibu kotanya Jayapura. Sejak 2003, Provinsi ini dibagi menjadi dua dengan nama tetap Papua di bagian timurnya dan bagian barat diberi nama Papua Barat.

 

Wilayah Indonesia yang satu ini penuh dengan pesona alam yang sangat bagus dan budayanya yang masih melekat. Pegunungan serta pantai-pantai yang ada disini layaknya sama persis seperti di Eropa. Banyak wisatawan baik dari mancanegara berdatangan untuk merasakan pesona indahnya surga di wilayah timur Indonesia ini. Kekayaan alam yang sangat bagus dan kearifan budaya lokal membuat tempat-tempat wisata di papua terasa lebih alami dan seru.

Nah, disini admin ingin memberikan kamu informasi tentang destinasi yang wajib kamu kunjungi kalo ke Papua ya Sobat !

 

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Sumber : akamaized.net

 

Taman Nasional ini diresmikan pada tahun 1993 dengan luas 1,4 juta hektar (90% perairan). Karena luasnya tersebut, tak heran makan taman nasional ini menjadi kawasan konservasi laut terluas dan terbesar di Indonesia.

Kalau sobat suka diving, Teluk Cendrawasih sangat cocok menjadi pilihan karena sobat bisa menyelam bersama dengan berbagai jenis fauna dari ikan, penyu, hiu, dan bahkan juga ada lumba-lumba. Bukan hanya itu saja, mata sobat akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang sangat bagus.

Selain menjadi destinasi wisata, taman nasional ini juga menjadi pusat peneletian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan LSM dalam dan luar negeri.

 

2. Lembah Baliem

'

Sumber : ketahui.com

 

Terletak di sekitar pegunungan Jayawijaya, lembah baliem menjadi tempat tinggal suku asli Papua yaitu Dani, Yali, dan Dani. Perjalanan ke lembah ini cukup sulit, namun bisa ditempuh dengan menggunakan pesawar dari Jayapura langsung ke kota Wamena, kota utama di Lembah Baliem. Pemandangan disana seakaan sobat dibawa kembali ke zaman batu, akses juga kebanyakan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan bersepeda, cocok untuk kamu yang hobinya mendaki.

Kehidupan masyarakat di sana juga masih tradisional, sobat bisa menemukan pria yang menggunakan koteka dan perempuan menggunakan rok rumbai.

Setiap bulan Agustus, di Lembah Baliem akan diadakan Festival oleh pemerintah untuk menarik para wisatawan. Festival ini diadakan untuk menggantikan kebiasaan perang antar suku. Sobat akan diberi pertunjukkan tarian adat suku, lomba karapan babi, serta kerajinan tangan penduduk setempat. Bila berkunjung ke sini, disarankan saat festival dan jangan lupa untuk membawa pakaian hangat kerana suhu di sana bisa mencapai 10-15 derajat celcius, loh sobat. Tertarik berkunjung ke sini?

 

3. Raja Ampat

Sumber : travelingyuk.com

 

Siapa sih yang ga kenal Raja Ampat? Pesona keindahan Raja Ampat sudah populer di domestik dan mancanegara. Kawasan yang terdiri dari 4 pulau besar yaitu Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati menjadi salah saDanau Sentani

tu situs warisan dunia dengan menjadi pemandangan terindah dunia.

Raja Ampat memiliki pemandangan bawah laut yang sangat bagus karena memiliki biota laut yang beragam dang sangat tepat menjadi plihan untuk menyelam. Menurut laporan The Nature Conservacy, sebanyak 75% spesies laut di dunia ditemukan di perairan ini. Selain menyelam, sobat juga bisa melakukan trekking di pulau-pulaunya dan dapat juga ditemani oleh penduduk sekitar sebagai pemandu. Menarik sekali, kan? Bukan hanya itu saja, sobat juga bisa menemukan peninggalan prasejarah yaitu cap-cap tangan pada dinding batu karang di daerah gugusan Misool dan pesawat udara peninggalan Perang Dunia II yang karam di pulau Wai.

 

4. Danau Sentani

Sumber : akamaized.net

 

Danau terbesar di Papua ini memiliki luas 9,6 hektar dan 22 “pulau” di dalamnya. Danau ini memiliki keindahan yang mempesona dan menarik, terutama pemandangan pulau-pulau yang berdiri kokoh mengelilingi danau. Apalagi bila dilihat dari udara, pemandangannya benar-benar membuat sobat pasti kagum karena keindahannya. Letak danau ini sekitar 50 km dari kota Jayapura.

Banyak hal yang bisa dinikmati di Danau Sentani, salah satunya sobat bisa meminjam perahu untuk bisa menikmati dengan maksimal pemandangan “pulau-pulau” didalamnya. Selain itu, di sekitaran pulau terdapat 24 desa yang bisa kita kunjungi untuk melihat kerajinan tangan atau menikmatin kuliner khas Papua.

 

5. Pegunungan Arfak

Sumber : kompas.com
 

Menjadi titik tertinggi di Papua Barat dengan tinggi 2.940 meter dpl, Pegunungan Arfak dapat membuat sobat melihat pemandangan kota Manokwari dari atas puncaknya. Di pegunungan ini terdapat dua danau kembar yang konon ceritanya terbentuk dari kisah cinta dua orang yang mengabadikan diri mereka menjadi danau. Di masing-masing danau juga konon ceritanya terdapar dua naga, yang satu jantan dan yang satunya lagi betina. Kedua danau diberi nama Anggi Ginji dan Anggi Gita.

 

Bagaiamana? Sobat tertarik untuk mengunjungi Papua, kan? Yuk, kunjungi dulu destinasi wisata yang ada di dalam negeri dulu karena tidak kalah bagusnya dengan keindahan yang ada di Eropa maupun negara lainnya. Saat berlibur ke papua, jangan hanya menikmati keindahannya saja ya sobat tapi dijaga juga agar tetap indah dan bagus.

 

 

Sumber : 

tempatwisataunik.com

nekatempatwisata.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
BLOG
Ingat HARI RABU Redeem Jam 12 Siang!
17 Sep 2019
4 Tempat Untuk Kamu yang Ingin Melakukan Thrift Shopping
13 Sep 2019
5 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Murah Tetap Enak
12 Sep 2019
Ikuti Kami di Social Media
Unduh Aplikasi Kami