20 Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP, PC, dan Online yang Lagi Trend

Aplikasi edit foto terbaik di HP, PC, dan online semakin populer di kalangan pengguna gadget. Dengan semakin banyaknya aplikasi untuk edit foto yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah mengedit foto mereka dengan berbagai efek dan filter yang menarik. Beberapa aplikasi pengedit foto bahkan memiliki fitur yang mirip dengan Photoshop, sehingga pengguna dapat mengedit foto mereka dengan lebih profesional.

Berbicara mengenai aplikasi edit foto terbaik, ada beberapa aplikasi yang patut dicoba. Salah satunya adalah Pixlr, aplikasi edit foto online yang sangat cocok untuk kamu yang suka menyunting foto secara online. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang mirip dengan Photoshop dan bisa diakses dengan mudah dimana saja tanpa perlu melakukan instalasi. Selain itu, ada juga Canva yang menyediakan editor foto online gratis yang mudah digunakan. Dengan Canva, pengguna dapat mengubah ukuran, filter, atau mengedit foto secara cepat dan gratis tanpa watermark.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP

Terdapat banyak aplikasi edit foto terbaik yang dapat digunakan di HP untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan estetik. Beberapa di antaranya adalah:

Photo Editor Pro

Photo Editor Pro

Jika Anda mencari aplikasi edit foto terbaik di Play Store, Photo Editor Pro adalah jawabannya. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur lengkap untuk melakukan berbagai macam editing foto.

Dengan lebih dari enam puluh filter foto, efek blur, dan efek bokeh, Anda dapat berkreasi dengan berbagai macam hasil. Anda bahkan bisa menggabungkan dua foto menjadi satu dengan teknik yang sederhana. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan perubahan pada bentuk tubuh dan watar muka.

Collage Maker

Collage Maker

Sesuai dengan namanya, Collage Maker akan membantu Anda menggabungkan beberapa foto menjadi satu kolase menarik. Cukup pilih beberapa foto, dan aplikasi ini akan mengatur mereka menjadi satu kesatuan.

Anda bisa menggabungkan hingga 18 foto dalam satu kolase dan memilih tata letak yang diinginkan. Jika hasilnya belum memuaskan, Anda bisa mengedit kolase tersebut dengan menambahkan filter, stiker, teks, dan berbagai alat lainnya.

Photo Editor

Photo Editor

Dalam deretan banyak aplikasi dengan nama “Photo Editor,” pastikan Anda memilih aplikasi yang dibuat oleh Macgyver. Kelebihan dari aplikasi Photo Editor adalah ukurannya yang kecil ketika diunduh.

Meskipun ukurannya kecil, aplikasi ini memiliki beragam alat editing foto yang mirip dengan yang ada di PC. Anda dapat mengubah warna, eksposur, kecerahan, kontras, saturasi, suhu, dan banyak atribut lainnya.

Ada pula efek-efek menarik yang bisa diterapkan untuk memberi sentuhan kreatif pada gambar. Tersedia juga opsi untuk mengubah warna, font, dan ukuran teks. Selain itu, ada pilihan untuk mengompres ukuran file foto guna menghemat ruang di ponsel.

PicsArt Photo Editor

PicsArt Photo Editor

PicsArt Photo Editor adalah pilihan yang sangat baik untuk mereka yang ingin mengedit foto dan video. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur lengkap, termasuk efek, alat gambar, pengeditan gambar, pembuatan kolase, filter foto, dan lain sebagainya.

Beberapa efek terkenal seperti Sketch, Canvas, Drip, Glitch, dan Magic dapat diterapkan pada foto-foto Anda. Anda bisa langsung membagikan hasil editan ini ke platform Instagram. PicsArt juga mampu mengedit video, menjadikannya aplikasi yang luar biasa serbaguna.

Dengan berbagai filter modern dan stiker lucu, Anda bisa menghasilkan video menarik untuk diunggah ke TikTok.

Adobe Photo Editor

Adobe Photo Editor

Tidak asing lagi, Adobe sudah lama dikenal sebagai salah satu pilihan terbaik untuk pengeditan foto. Setelah sebelumnya hanya tersedia untuk desktop dan laptop, kini Adobe telah merilis versi mobile-nya.

Anda bisa menemukan beberapa aplikasi Adobe di Play Store, seperti Adobe Photoshop Express, Adobe Photoshop Mix, dan Adobe Lightroom. Setiap aplikasi memiliki fitur unik yang membantu Anda memahami teknik edit terbaru, termasuk mengedit file RAW, menghilangkan efek mata merah, dan lainnya.

Namun, untuk menggunakan sebagian besar aplikasi Adobe, Anda perlu berlangganan Adobe Creative Cloud.

Aviary

Aplikasi Edit Foto Terbaik Aviary

Aviary sudah lama menjadi salah satu favorit dalam dunia editing foto. Dengan antarmuka yang sederhana namun dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat, Aviary cocok untuk semua tingkatan pengguna, dari pemula hingga ahli.

Fitur one-click tersedia bagi mereka yang ingin pengeditan cepat. Namun, bagi yang ingin belajar lebih dalam, ada fitur manual yang memungkinkan Anda menyesuaikan berbagai aspek seperti warna, kecerahan, suhu, kontras, saturasi, dan lainnya.

Ada juga beragam stiker, filter, serta alat untuk mempercantik wajah dan membuat foto lebih menarik.

AirBrush

Aplikasi Edit Foto Terbaik AirBrush

AirBrush adalah aplikasi foto yang cocok untuk mengedit foto selfie. Aplikasi ini memungkinkan Anda dengan cepat mengubah wajah, kulit, atau gigi.

Ada juga beragam filter yang dapat meningkatkan estetika foto, dan penggunaannya sangat sederhana dengan sekali klik. AirBrush juga memiliki versi pro dengan fitur lengkap, meskipun memerlukan biaya tertentu.

Bonfire Photo Editor

Aplikasi Edit Foto Terbaik Bonfire Photo Editor

Bonfire Photo Editor juga merupakan pilihan yang bagus untuk mempercantik foto terbaru Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan alat editing dasar dan berbagai filter menarik.

Anda bisa mengubah foto menjadi hitam-putih, menerapkan efek HDR dengan gaya yang unik, atau bahkan mengubah foto menjadi tampilan cat air. Alat dasar juga tersedia untuk meratakan kulit dan menghapus noda yang tidak diinginkan.

Cupslice

Aplikasi Edit Foto Terbaik Cupslice

Aplikasi Cupslice kini menawarkan berbagai filter, termasuk stiker lucu yang mengikuti tren terkini. Keunikan dari aplikasi ini adalah para pengembangnya terus memperbarui koleksi stiker untuk menjaga kelengkapan tren.

Anda bisa melakukan berbagai penyesuaian dasar seperti memotong, merotasi, mengatur hue dan saturasi, serta mengatur kecerahan dan kontras.

Fotor Photo Editor

Aplikasi Edit Foto Terbaik Fotor Photo Editor

Dengan Editor Fotor, Anda bisa dengan mudah menyempurnakan hasil editan Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan berbagai penyesuaian seperti memotong, memutar, mengatur kecerahan, kontras, saturasi, pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Yang menarik, aplikasi ini menawarkan lebih dari seratus filter yang bisa Anda pilih untuk memberikan tampilan berbeda pada foto Anda.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC atau Laptop

Bagi para fotografer profesional, aplikasi edit foto di PC menjadi pilihan utama untuk menghasilkan karya terbaik. Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik di PC yang dapat digunakan:

GIMP

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC GIMP

GNU Image Manipulation Program, atau GIMP, adalah salah satu program desktop yang tersedia untuk Windows, Mac, Linux, dan FreeBSD. Antarmukanya mirip dengan Photoshop.

Selain itu, GIMP mendukung pengeditan file foto dalam format RAW dengan bantuan konverter seperti UFRaw. Meskipun sedikit lebih rumit untuk pemula, aplikasi ini dilengkapi dengan beragam tutorial yang sangat membantu.

Paint.NET

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC Paint.NET

Banyak pengguna Windows menyukai aplikasi ini karena kemudahan penggunaannya dibandingkan dengan Microsoft Paint, aplikasi bawaan Windows.

Tidak hanya lebih baik dalam mengedit foto, Paint.NET juga memiliki berbagai alat seleksi, pengaturan layer, dan penyesuaian untuk kecerahan dan kontras.

Jika Anda ingin alternatif yang ringan dan cocok untuk menggantikan Photoshop pada laptop atau komputer Anda, Paint.NET adalah pilihan yang tepat.

Photoscape

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC Photoscape

Photoscape adalah aplikasi edit foto terbaik untuk Windows dan Mac dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Dengan fitur-fitur yang user-friendly, proses editing foto menjadi lebih simpel, cocok untuk semua tingkatan pengguna, dari pemula hingga profesional. Dengan Photoscape, Anda bisa mengubah format gambar, membuat kolase, bahkan menciptakan animasi GIF.

Tersedia juga pilihan untuk mengatur ukuran, warna, dan dalam versi berbayar, Anda bisa mendapatkan akses ke stiker-stiker yang menarik.

Canva

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC Canva

Meskipun lebih dikenal sebagai alat desain grafis, Canva juga merupakan pilihan hebat untuk editing foto. Dengan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, Canva memungkinkan Anda untuk melakukan perubahan dasar pada gambar seperti pemotongan, penyesuaian warna, dan penambahan teks.

Selain itu, Canva menyediakan berbagai macam template yang bisa digunakan untuk membuat desain menarik, baik untuk media sosial, materi pemasaran, atau proyek kreatif lainnya.

FotoJet

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC FotoJet

FotoJet adalah aplikasi online yang memungkinkan Anda untuk mengedit foto, membuat kolase, dan merancang desain dengan mudah. Meskipun versi gratisnya memiliki fitur terbatas, Anda masih bisa melakukan banyak hal seperti memotong gambar, menyesuaikan warna, dan menambahkan teks.

Dalam versi berbayar, FotoJet memberikan akses ke lebih banyak template, efek khusus, dan elemen desain yang dapat meningkatkan kreativitas Anda dalam mengedit foto.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Online

Untuk pengguna yang ingin mengedit foto secara online, ada banyak aplikasi edit foto terbaik yang dapat diakses melalui browser web. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi edit foto online yang dapat digunakan secara gratis:

Pixlr

Aplikasi Edit Foto Terbaik Online Pixlr

Jika Anda suka editing foto secara online, Pixlr adalah solusinya. Antarmukanya mirip dengan Photoshop.

Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini tanpa perlu instalasi. Upload gambar yang ingin diedit atau masukkan URL gambar ke dalam Pixlr. Tersedia berbagai alat dan filter yang menarik untuk mendukung kreativitas Anda.

Adobe Photoshop Express

Aplikasi Edit Foto Terbaik Online Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto terbaik ini juga bisa digunakan secara online pada berbagai sistem operasi. Meskipun bukan versi penuh, aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap.

Terdapat berbagai efek menarik, pengaturan dimensi gambar, kecerahan, kontras, serta fitur retouching untuk memperbaiki tampilan kulit dan mempercantik foto. Anda bisa mengakses Adobe Photoshop Express melalui perangkat Android dan iOS.

Fotor

Aplikasi Edit Foto Terbaik Online Fotor

Pengguna desktop pasti mengenal aplikasi ini, yang menawarkan beragam fitur untuk menghasilkan foto terbaik dengan variasi efek yang menarik. Cari Fotor untuk fitur-fitur mempercantik foto HDR, pengaturan warna, dan kemampuan untuk membuat kolase.

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi pengedit foto di atas, foto-foto Anda akan semakin menarik dan berbeda. Setiap aplikasi juga memiliki fitur-fitur menarik yang bisa Anda eksplorasi lebih lanjut.

BeFunky

Aplikasi Edit Foto Terbaik Online BeFunky

BeFunky adalah salah satu aplikasi edit foto online yang populer dan menawarkan berbagai fitur pengeditan serta efek kreatif untuk mengubah tampilan foto Anda. Dengan BeFunky, Anda dapat mengaksesnya langsung melalui browser tanpa perlu mengunduh atau menginstal perangkat lunak tambahan.

Antarmuka yang intuitif membuatnya mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat editing dasar seperti pemotongan, penyesuaian warna, rotasi, dan penambahan teks. Namun, yang membuat BeFunky menonjol adalah pilihan efek artistiknya. Anda dapat memberikan foto Anda gaya khusus dengan menggunakan berbagai filter, efek, dan elemen dekoratif.

Lunapic

Lunapic

Lunapic adalah aplikasi edit foto online yang memberikan berbagai fitur pengeditan dan efek visual untuk memodifikasi tampilan foto Anda. Keistimewaan dari Lunapic adalah kemampuannya untuk diakses langsung melalui browser tanpa perlu mengunduh atau menginstal perangkat lunak tambahan.

Antarmuka yang sederhana namun fungsional membuatnya dapat digunakan dengan mudah oleh berbagai kalangan, termasuk pemula. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat pengeditan dasar seperti pemotongan, penyesuaian warna, rotasi, serta kemampuan untuk menambahkan teks pada gambar.

Tips Memilih Aplikasi Edit Foto

Memilih aplikasi edit foto yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas foto Anda. Namun, dengan banyaknya pilihan aplikasi pengedit foto yang tersedia, bisa jadi membingungkan untuk memilih yang terbaik. Berikut beberapa tips memilih aplikasi untuk edit foto yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertama-tama, pastikan aplikasi edit foto yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin mengedit foto secara sederhana, aplikasi pengedit foto dengan fitur dasar mungkin sudah cukup. Namun, jika Anda ingin mengedit foto secara lebih kompleks, pilihlah aplikasi untuk edit foto dengan fitur yang lebih lengkap.

2. Pertimbangkan Kompatibilitas

Pastikan aplikasi edit foto yang dipilih kompatibel dengan perangkat yang Anda gunakan. Beberapa aplikasi unruk edit foto hanya tersedia untuk sistem operasi tertentu, seperti Android atau iOS. Selain itu, pastikan juga aplikasi pengedit foto yang dipilih dapat berjalan dengan lancar pada perangkat Anda.

3. Perhatikan Fitur yang Tersedia

Pastikan aplikasi edit foto yang dipilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa fitur yang umumnya tersedia pada aplikasi unruk edit foto antara lain seperti crop, rotate, brightness, contrast, dan saturation. Namun, beberapa aplikasi pengedit foto juga menawarkan fitur yang lebih kompleks seperti penghapusan objek dan penggabungan foto.

4. Evaluasi Harga

Beberapa aplikasi edit foto tersedia secara gratis, namun beberapa aplikasi pengedit foto lainnya memerlukan biaya untuk mengakses fitur yang lebih lengkap. Pastikan Anda mengevaluasi harga aplikasi untuk edit foto yang dipilih dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Anda dapat memilih aplikasi edit foto yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Fitur Penting dalam Aplikasi Edit Foto

Aplikasi edit foto yang baik harus memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa fitur penting yang harus ada dalam aplikasi pengedit foto:

1. Fitur Crop

Fitur crop sangat penting untuk memotong atau memperkecil bagian foto yang tidak diperlukan. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih bagian foto yang ingin disimpan dan membuang bagian yang tidak diperlukan.

2. Fitur Adjustments

Fitur adjustments memungkinkan pengguna untuk mengubah warna, kontras, kecerahan, dan saturasi foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat foto terlihat lebih cerah, tajam, dan hidup.

3. Fitur Filters

Fitur filters memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek khusus pada foto. Beberapa efek yang populer termasuk efek vintage, efek hitam-putih, dan efek bokeh. Dengan fitur ini, pengguna dapat memberikan kesan artistik pada foto.

4. Fitur Text

Fitur text memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks pada foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan keterangan atau pesan pada foto.

5. Fitur Frames

Fitur frames memungkinkan pengguna untuk menambahkan bingkai pada foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat memberikan kesan yang lebih menarik pada foto.

6. Fitur Collage

Fitur collage memungkinkan pengguna untuk membuat kolase dengan beberapa foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu tampilan yang menarik.

7. Fitur Retouch

Fitur retouch memungkinkan pengguna untuk menghilangkan noda atau bintik pada foto. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat foto terlihat lebih bersih dan rapi.

Dalam memilih aplikasi edit foto, pastikan aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan. Dengan aplikasi untuk edit foto yang baik, pengguna dapat membuat foto terlihat lebih menarik dan memukau.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah diulas aplikasi edit foto terbaik untuk HP, PC, dan online. Dari aplikasi gratis hingga berbayar, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk pengguna yang ingin mencari aplikasi dengan fitur yang lengkap, Adobe Photoshop dan Lightroom bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, kedua aplikasi ini memerlukan biaya berlangganan yang cukup tinggi.

Bagi pengguna yang ingin mencari alternatif gratis, GIMP dan Pixlr dapat menjadi pilihan yang baik. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan.

Untuk pengguna yang ingin mencari aplikasi pengedit foto yang dapat digunakan secara online tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi di PC atau HP, Canva dan Fotor dapat menjadi pilihan yang tepat. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan, serta dapat diakses dari berbagai perangkat.

Namun, pada akhirnya, pemilihan aplikasi edit foto terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Dalam memilih aplikasi, pastikan untuk mempertimbangkan fitur yang dibutuhkan, kemudahan penggunaan, serta biaya yang diperlukan.

Artikel Terkait: